by

Aksi Bela Muslim Uyghur di Taman Degulis Pontianak

Pontianak, Mediia Kalbar
Aksi bela Muslim Uyghur berlangsung di Taman Degulis Pontianak Kalimantan Barat,Jumat sore(21/12/18).
Sejumlah massa terlihat membentangkan spanduk, bertuliskan “Selamatkan muslim Uyghur, dengan Khilafah!.” Sekjen POM Nandar Riski Ramadan dalam aksinya mengatakan, menuntut Pemda Kalimantan Barat dan Pemerintah RI untuk menyampaikan Protes kekerasan kepada Negara CHINA karena Telah melakukan pelanggaran HAM kepada Muslim uyghur.
Sekjen Persatuan Orang Melayu Nanda Rizki Ramadhan kepada sejumlah wartawan mengatakan, aksi yang dilaksanakan bersama Muslim Kalimantan Barat mengutuk dan mengecam terhadap tindakan pemerintah komunis China yang telah menindas, menghalangi beribadah dan adanya dugaan pelanggaran HAM terhadap Muslim Uighur.
“Saya menuntut kepada Pemerintah Republik Indonesia agar membebaskan warga muslim Uighur untuk beribadah dan membebaskan warga muslim yang ditahan, dan apabila aksi ini dalam beberapa hari tidak ada respon kami akan berdiskusi dan bermusyawarah dengan teman-teman muslim di Kalbar, dan selanjutnya akan menggelar aksi unjuk rasa yang lebih besar lagi,”ujarnya.
Dari pantauan media ini dilapangan, aksi unjuk rasa yang dimulai dari pukul 15.30 wib berakhir pada pukul 17.30 dan sejumlah umat muslim yang menggelar aksi membubarkan diri. Aksi yang mendapatkan pengamanan dari aparat keamanan berlangsung aman dan lancar.
Sebelumnya di tempat yang sama di pagi hari IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadyah) juga melaksanakan unjuk rasa terkait hal yang sama.(Ismail)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed