by

Pentas PAI Diresmikan, Sukiman: Potensi Tidak Terakomodir

Kubu Raya, Media Kalbar

Acara pembukaan pentas Pendidikan Agama Islam  (PAI) Sekaligus diresmikan yang pertama kalinya dikecamatan di sungai Raya. Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Menurut Ahmadi,S.Pdi Kepsek SD Negeri  58 Rabu 6/2  kami jadi tuan rumah untuk di kecamatan sungai raya, jumlah peserta se- kecamatan sungai raya tidak kurang dari 32 sekolah, banyak juga sekolah-sekolah yang tidak mengirimkan peserta kemungkinan faktornya jauh.

Seharus tidak ada alas an untuk tidak mengerimkan peserta  PAI karena baru pertama kalinya pentas PAI diadakan, seharus Kepala sekolah harus mendukung acara pentas PAI ini, karena PAI didalamnya tentang, moral Akhlakul karimah, untuk mewujudkan Generasi, Unggul, Alim, Kreatif, Mandiri, dan berakhlak mulia, Karimah.

Kegiatan ini ada lima cabang lomba setiap peserta mengirimkan satu peserta putra dan putri, diantaranya, Azan,  Cerdas cermat, MTQ, Hapis, pidato.  Hanya Azan  saja sampai tingkat kecamatan, sedangkan yang lain sampai ketingkat Nasional.

Kami sebagai panitia pentas PAI, karena ini yang pertama kalinya. Untuk di tingkat Kabupaten akan dilaksanakan tanggal 6 Maret 2019. Acara ini di hadiri Kepala Bidang (KABID), KasiPendas, Kasipendis, dan seluruh pengawas juga hadir dewan guru. Sumber dana dari ulangan umum, satu anak 500 ripiah.

terkumpul TW 1,  Rp 7.000.000.  Tw II  Rp 5.000.000 tidak ada dari perusahaan luar hanya dari rekan-rekan Guru Agama, salah sat u penerbit Andalas, sedangkan dana kegiatan pentas PAI TIDAK kurang dari 18 juta. Mudah-mudahan acara ini bias jadi acara tahunan, harapnya.

Kepala Seksi Pendis Departemen Agama Kabupaten Kubu Raya, Makpul,M.Pdi dalam rangka untuk meningkatkan kwalitas keagamaan anak-anak memacu untuk berlomba lomba masalah kegiatan agama, kita dukunglah kegiatan ini, sebenarnya acara ini, acara tahunan, karena selama ini cendrung jemputan.

“Ini betul-betul diadakan sebagai kegiatan perlombaan, karena semua anak-anak mempunyai kesempatan yang sama.,’’Untuk mengembangkan potensi kemampuan yang bias disalurkan, supaya bias memunculkan kader-kader  yang baik agar bermanfaat, kedepan k egiatan PAI sampai ketingkat nasional,” kataMakpul.

Kepala Bidang (KABID) Pembinaan sekolah dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Drs.SUKIMAN,M.S.i menegaskan, dalam pelaksanaan pesta Pendidikan Agama Islam  (PAI) seluruh SD Kabupaten Kubu Raya, supaya menghasilkan yang terbaik teruta mananti, pelaksanaan di tingkat kabupaten akan bersaing antar kecamatan kabupaten kubu raya, hasilnya akan maksimal.

Tingkat nasional ada dari provinsi Kalimantan barat terkadang taimingnya kurang tepa tahirnya mereka main jemput, kita di kabupaten juga seperti itu anak yang mempunyai,’’ potensi tidak terakomodir,’’ untuk tahun 2019 teman-teman panitia dan guru agama di bantu kepala sekolah sudah menyiapkan satu wadah seleksi di tingkat kecamatan.

Akan berlanjut tanggal 6 Maret seleksi di tingkat kabupaten, dia menyebutkan,’’Sangat disayangkan  SD Negeri 17 parit baru sekolah besar muridnya banyak sangat dekat tidak mengirimkan peserta, apa penyebabnya saya kurang tau, saya minta pengawas untuk klarifikasi apa penyebabnya, apakah tidak ada persiapan, suratnya terlambat,’’.

“Ini agenda tahunan kendala kita sebenarnya nomenkaturnya ada di Departemen Agama sehingga kami dari dinas pendidikan berupaya membantu semampu kami terutama di anggaran kita berusaha untuk dimasukkan di anggaran pemda. Untuk sementara kendalanya di siswa kita yang jauh sehingga tidak terdeteksi yang mempunyai potensi.” keluhnya.

Panitia PAI kecamatan sungairaya M.Yani,S.pdi . tambah kan pelaksanaan kegiatan pesta PAI ini berdasarkan undang undang nomor 20 tahun 2003 sistim pendidikan nasional, PP Nomor 55 tahun 2007 pendidikan Agama pendidikan keagamaan.

Peraturan menteri Agama nomor  211 tahun 2011, rapat pengurus PAI kabupaten kubu raya, rapatpengurus PAI kecamatan sungai raya. Peserta lomba SDN /  SDS maksimal kelas V kecuali lomba Azan maksimal kelas VI  jumlah peserta lomba 32 peserta, pungkasnya. (Mulyadi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed