oleh

Paolus Hadi Fokus Perjuangkan Hak Atas Tanah Hutan Adat Untuk Masyarakat

Sanggau, Media Kalbar

Bupati Sanggau Paolus Hadi menuturkan bahwa masyarakat mesti bersyukur karena Presiden Republik Indonesia sangat peduli dengan masyarakat atas kepemilikan tanah. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Sanggau dimasa kepemimpinan PHYO periode kedua fokus memperjuangkan hak atas tanah dan kawasan hutan adat untuk masyarakat.

“Secara de jure, kepemilikan atas tanah harus dibuktikan dengan sertifikat. Presiden kita yang sekarang sangat peduli dengan kepemilikan hak atas tanah. Sesuai dengan apa yang dikatakan Presiden kita bahwa, kesejahteraan itu harus disertai dengan kepemilikan sertifikat tanah. Sehingga masyarakat bisa terbantu dalam pengelolaan untuk meningkatkan perekonomian,” ungkap Bupati saat memimpin Penyuluhan Kegiatan Redistribusi Tanah Kantor Pertanahan Kab. Sanggau Tahun Anggaran 2019 di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Dusun Sipan Jaya Desa Terati Kec. Jangkang (9/4/2019).

Bupati menambahkan sekarang masih dilakukan inventarisir agar tanah yang diukur tidak masuk dalam kawasan hutan. Bupati juga menegaskan, membuat sertifikat tanah ada persyaratannya, BPN tidak akan menindak lanjuti jika status kawasan belum berubah.

Bupati juga mengaku salut kepada Kepala BPN Sanggau dan jajarannya yang sudah bekerja keras dalam menindaklanjuti secara teknis terbitnya sertifikat tanah untuk masyarakat Kabupaten Sanggau.

“Puji Tuhan, pembuatan sertifikat ini tidak sesulit jaman sebelumnya. Hanya saja, membuat sertifikat ini tidak gratis, walaupun ada yang bilang gratis. Karena Pemerintah belum mampu mensubsidi itu, tetapi biayanya tidak boleh lebih dari 250 ribu rupiah. Saya beruntung bisa berpartner dengan kepala BPN kita, walaupun ibu-ibu, cukup puas juga keluar masuk kampung ngurus sertifikat tanah untuk masyarakat kita,” sambung Bupati dihadapan masyarakat Desa Terati yang berjumlah lebih kurang 200 orang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Sanggau Yuliana SH, M.Eng menyampaikan bahwa Redistribusi Tanah Kantor Pertanahan Kabupaten Sanggau Tahun Anggaran 2019 yang akan dilaksanakan di 5 (lima) Desa di wilayah Kec. Jangkang yang terdiri dari Desa Balai Sebut sebanyak 500 Persil, Desa Selampung sebanyak 200 Persil, Desa Terati sebanyak 200 Persil, Desa Sape sebanyak 200 Persil dan Desa Semombat sebanyak 100 Persil dengan total luas lahan yang akan di Restribusi seluas 1.200 Persil untuk wilayah Kec. Jangkang tahun 2019.(leo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed