by

Dinas PERKIMLH Ketapang Disinyalir Tidak Mengikuti Spesifikasi Proyek PL, Hasilnya Sapi Jadi Masalah..?

Ketapang, Media Kalbar’

Proyek PL (Penunjukan Langsung) Jalan Lingkungan Gg. Pak Sekan RT.14 RW.03 Desa Kinjil Pesisir Kecamatan Benua Kayong milik Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PERKIM-LH) Pemerintah Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat di duga Asal kerja, kuat dugaan tidak berdasarkan perencanaan petunjuk Desaen, adanya potensi proyek Mark-up dalam proyek tersebut yaitu mencuri Spek untuk mendapatkan keuntungan Rupiah yang besar tak perduli sejauh mana kualitas dan kuantitas pekerjaan yang penting mendapatkan keuntungan Rupiah yang besar apa lagi CV tersebutdi dapat dengan minjam milik rekan secara Logika Akal Sehat pemilik CV. Mendapatkan Vi sebesar 3 % di dalam Kontrak Nomor: 602/077/PPK.APBD/ PERKIMLH-B/2019. dengan Proyek nilai  Rp.144.853.000,00 pekerjaan Sand-Sheet atau di sebut  Lapis tipis Aspal Pasir (LATASIR) Pelaksana kerja CV.DARMA PUTRA beralamat di Ds Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong Kab. Ketapang.

Media Kalbar Konfirmasi Pemilik CV. Sebut namanya Deden di katakannya Jum’at 21/6/19, ” Itu CV. DARMA PUTRA milik saya di pinjam teman rekanan, biasalah nanti saya kasih tau yang kerjakan suruh betulkan, yang pinjam CV saya tu pak Haji orang sini mah dia tu bah orang ketapang mah,” ujarnya pemilik CV. DARMA PUTRA. Deden.

Media Kalbar konfirmasi lanjut bersama Kepala Dinas PERKIM-LH sebagai PA (Pengguna Anggaran) SUKIRNO di sampaikannya, ”Ini proyek jalan di Gg.Pak Sekan, kenapa proyek ini sudah hancur di injak sapi, kemungkinan sapi untuk menginjak jalan itu di arahkan sidak,” Katanya

Lanjut dikatakan Kepala Dinas Sukirno di ruang kerjanya bahwa proyek itu sudah di periksa dan di tandai dengan Cat, pemeriksaan bisa saja itu di periksa secara internal, kalau proyek itu tidak jelas bisa di kerjakan Ulang atau di tambah lagi pekerjaanya.

LSM Aspiraba Agustinus dan masyarakat setempat Zahidin kepada tim Media Kalbar menyampaikan bahwa Proyek pekerjaan Sand-Sheet pelaksana kerja CV.DARMA PUTRA (owner) tidak mengikuti spesifikasi disaen Teknis dalam campuran, indikasi Disaen adanya mengurangi mutukualitas campuran, tidak memakai campuran Semen dan Batu Kerikil serta mengurai Aspal dalam Disaen sehingga di injak sapi saja Aspal Sand-Sheet tersebut sudah Amblas dan untuk di injak kaki tumit saja Aspal tersebut Amblas apa lagi Mobil yang berat.

“Jalan rusak di injak sapi jangan salahkan sapi, ini proyek tidak jelas yang salah itu adalah kontraktor, kita minta pada PPK, PA dan PPHP pelaksana proyek ini agar bisa di periksa dengan detil, PA dan PPK pemilik proyek agar tidak mencairkan pekerjaan proyek Asal kerja 100%, inilah satu contoh pekerjaan Proyek Sand-Sheet Lapis tipis Aspal Pasir seperti tai Sapi, adanya pelakasanaan proyek tersebut, bila mana ada pencairan 100% maka ada kerjasama kejahatan modus proyek PL antara PA, PPK dan pelaksana kontraktor proyek Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup,” ungkap Agustinus dan Zahidin di lokasi proyek.

Pejabat pembuat Komitmen (PPK) PERKIM-LH, Uti Efendi lewat Chat WA, ”Itu proyek belum di bayar sama sekali, saya minta proyek Sand-Sheet tersebut di keruk ulang semua dan di perbaiki khususnya Lapis tipis Aspal Pasir.” (Yan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed