oleh

Suhu Hengky Buka Mata Naga

Pontianak, Media Kalbar

Suhu Hengky Theresya secara ritual membuka mata naga yang akan melaksanakan perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak di kediamannya di jalan Gajah Mada 19, Kamis (6/2).

Prosesi naga buka mata diawali dengan rapalan mantra yang dilakukan oleh Suhu Hengky Theresya di bagian kepala dan ekor kemudian dilukis dengan rapalan mantra menggunakan kuas dan tinta.

Ritual ini juga mengawali dimulainya petualangan para naga bertandang keliling pusat Kota Pontianak. Berkunjung dari rumah ke rumah sembari bersilaturahmi

Ritual naga buka mata setiap Tahun dilaksanakan tanggal 13 bulan 1 Imlek. Pada hakikatnya, dalam kehidupan manusia ada yang tampak dan yang tidak terlihat.

Untuk itu, ritual buka mata dilakukan supaya kemananan dan kesehatan yang tidak tampak juga turut dibersihkan, sehingga selalu dilimpahkan rahmat berupa kesehatan dan keamanan bagi masyarakat.

“Ada 4 naga yang jalani Ritual Buka Mata di kediamannya,” kata Suhu Hengky Theresya saat ditemui usai Buka Mata Naga.

Selain di jalan Gajah Mada 19, beberapa Perkumpulan Naga juga melaksanakan ritual naga buka di Klenteng Kwan Tie Bio

Pada prosesi naga buka, terdapat 24 Replika naga yang menjalani proses ritual buka mata di Kwan Tie Bio.

Seusai ritual buka mata, naga-naga tersebut
melaksanakan atraksi di sepanjang Jalan dan menuju panggung kehormatan di Kelenteng Kwan Tie Bio di Diponegoro Sembari melakukan aksi penghormatan.

Ketua Komunitas Budaya Tionghoa Pontianak (KBTP), Hendry Pangestu Lim mengatakan ada 24 Replika Naga yang jalani ritial buka mata.

“Ada 11 Naga yang kategori berukuran panjang, dan yang ukuran sedang ada 13 Naga,” kata Hendry Pangestu Lim.

Dikatakannya, makna dari Prosesi ritual naga buka mata merupakan sebuah prosesi untuk menghidupkan naga dan akan ditutup matanya usai cap Go Meh dan Tanggal 16 Imlek naga akan di bakar.

“Ritual Naga buka mata untuk menghidupkan naga dan memberikan keselamatan bagi para pemain naga,” jelasnya. (Lay).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed