oleh

Dengan CCTV Pencuri Uang 32 Juta Dalam Jok Motor Di Sekura Akhirnya Ditangkap

Sambas, Media Kalbar

Pelaku pencurian uang Rp. 32 Juta yang disimpan dalam jok motor di Pasar Sekura Kabupaten Sambas akhirnya di tangkap jajaran Polsek Teluk Keramat.

Diterangkan oleh Kapolsek Teluk Keramat Ipda Eko Zaenuddin, bahwa Waktu kejadian pada hari Rabu tanggal 13 Mei 2020 sekira pukul 14.00 Wib di Dusun Mensungai Desa Sekura Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas.

Dengan kronologis kejadiannya,  Pada hari Rabu Tanggal 13 Mei 2020 Sekira Pukul 14.00 Wib pelapor mengambil uang di BANK BRI SEKURA sebanyak Rp. 32. 000. 000 ( tiga puluh dua juta rupiah) setelah dari BANK BRI SEKURA pelapor menyimpan uang tersebut kedalam jok motor pelapor, kemudian pelapor bersama berbelanja kepasar sekura untuk membeli sajadah dan kain setelah itu pelapor bersama istrinya pergi kerumah saudaranya yang beralamat di Jl. Kalimantan Dsn. Mensungai Rt. 021 Rw. 011 Ds. Sekura Kec. Teluk Keramat Kab. Sambas dan motor pelapor diparkirkan dihalaman toko pakaian milik saudaranya dan pelapor bersama istri masuk kedalam toko, setelah beberapa menit kemudian pelapor dan istri pulang kerumah kediaman pelapor yang beralamat di Ds. Pancur Rt. 008 Rw.004 Kec. Tangaran Kab. Sambas , setelah sampai dirumah kediaman pelapor , pelapor membuka jok motor pelapor dan melihat uang tersebut sudah tidak ada lagi kemudian pelapor langsung ke pasar sekura untuk bertanya kepada pemilik toko tempat pelapor membeli sajadah dan kain tapi pemilik toko tersebut menjawab tidak ada melihat uang pelapor langsung menuju Dsn. Mensungai tempat pelapor singgah sebelum pulang kerumah kemudian melihat rekaman cctv yang ada di toko milik saudaranya dan dalam rekaman cctv ada melihat dua orang yang tidak dikenal dan mencurigakan yang menggunakan sepeda motor MIO M3 warna hitam menggunakan kaca spion sebelah kanan dan tidak memiliki plat nomor depan kemudian atas kejadian ini pelapor langsung menuju polsek Teluk Keramat untuk melaporkan kejadian tersebut.” Tutur Kaposek, Jumat (15/5)

Diungkapkan lebih lanjut oleh Ipda Eko, Setelah petugas Polsek Teluk Keramat menerima laporan peristiwa pencurian tersebut, kmudian melakukan penyelidikan dengan melihat rekaman CCTV yang ada di rumah saudara pelapor dan dari hasil penyelidikan diduga kuat sebgai pelaku pencurian tsb Sdr. ABIDARDA als ABI, kemudian petugas mencari keberadaan saudara ABIDARDA als ABI Bin DARMADI ALI dan mengamankan yang bersangkutans kemudian dilakukan itrogasi, dari hasil interogasi sdr ABIDARDA als ABI Bin DARMADI ALI mengakui perbuatannya dan kemudian dilakukan pengembangan bahwa sdr ABIDARDA als ABI Bin DARMADI ALI melakukan pencurian bersama-sama dengan sdr ARYA PERDANA als AYUB Bin DARMADI ALI, kemudian petugas polsek teluk keramat juga mengamankan dan menginterogasi sdr ARYA PERDANA als AYUB Bin DARMADI ALI dan dirinya juga mengakui perbuatannya

Dari kedua pelaku tersebut diamankan barang bukti berupa:
– Uang tunai dengan jumlah Rp. 29.900.000,- (dua pulu sembilan juta sembilan ratus ribu rupiah) dengan pecahan uang @Rp. 100.000 sebanyak 109 lembar dan @Rp. 50.000 sebanyak 380 lembar
– 1 (satu) unit sepeda motor yamaha Mio M3 warna hitam belis warna biru dengan Nomor Polisi KB 6342 PB yang digunakan pelaku untuk melakukan pencurian
– 1 (satu) helai baju kaos lengan panjang warna hijau dibagian depan baju bertuliskan UNICORN ISLAND.
– 1 (Satu) helai celana jeans panjang warna hitam kombinasi abu-abu merk LOIS.
– 1 (satu) buah topi warna biru merk VINTAGE.
– 1 (Satu) buah tas selempang warna hitam dengan meek KARDINAL.
– 1 ( satu) pasang sepatu warna abu-abu merk ADIDAS.
-1 (Satu) helai switer lengan panjang warna abu-abu yang bertuliskan NATIONAL GUARD AIR BORNE.
– 1 ( Satu) helai celana jeans pendek warna biru yang di bagian depan celana bertuliskan FOTDOG SENSES.
– 1 ( satu) lembar STNKB Mio M3 warna hitam belis warna biru dengan Nomor Polisi KB 6342 PB.
– 1 (satu) buah anak kunci sepeda motor yg terbuat dari besi bergagang plastik warna hitam yg bergantungan terbuat dari plastik warna ungu.
– 2 (dua) buah hanphone merk MEXTRON warna hitam.
– 1 ( satu) helai celana jeans pendek warna biru merk H2B.
– 1 (Satu) karung pupuk dengan berat 59 Kg.
– 2 (dua) buah mobil mainan jenis DAM

Kapolsek Eko mengatakan, Dari hasil pemeriksaan pelaku mengakui pernah melakukan pencurian dengan modus yang sama mengambil uang yang disimpan di dalam jok motor di wilayah Teluk Keramat sebelumnya pernah sekali dan ini yang kedua, kemudian di kec Sambas 1 kali, Kec Tebas 1 kalu, Kec Pemangkat 1 kali dan pelaku juga mengakui pernah bersama-sama temannya melakukan aksi pecah kaca mobil di Kecamatan  Sambas 1 kali.

“Terhadap pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal 7 tahun.” Pungkas Kapolsek Teluk Keramat Ipda Eko Zainuddin.(urai rudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed