oleh

Pemdes Ransi Dakan Salurkan BLT Dana Desa Kepada 79 KK Per Bulan April Dan Mei

SINTANG,MEDIA KALBAR

Sebesar Rp. 94.800.000 Pendes Ransi Dakan menyalurkan BLT-DD per bulan April dan Mei kepada Masyarakat. Kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai atau BLT dari Dana Desa Pemerintahan Desa Ransi Dakan melalui sistim penyerahan langsung ke rumah penerima bantuan. Namun sebelum melakukan penyerahan langsung ke rumah, Pemdes Ransi Dakan menyelenggarakan penyerahan BLT ini secara simbolis kepada 5 KK di Kantor Desa, Sabtu (30/05/2020).
Sebelum melakukan penyerahan secara simbolis Ketua BPD Ransi Dakan Amon menyampaikan berdasarkan data-data yang sudah masuk sesuai laporan di profil desa sebanyak 317 KK tersebar dari 3 Dusun dan 10 RT.
Dikatakannya, dalam BLT-DD ini kami mengambil kebijakan dari bantuan-bantuan yg ada selama ini yang sudah meluncur ke Desa Ransi Dakan pada Tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 ada beberapa bantuan diantaranya, PKH menindaklanjuti bantun dari Pemerintah Pusat sebanyak 32 KK, BNT sebanyak 20 KK berupa beras maupun sembako, Bantuan Sosial 90 KK dimana pengambilannya di Kantor Pos per 3 bulan, Bantuan BLT juga dari Bansos di mana pengambilannya langsung ke Bank 9 KK, Kemudian yang terdaftar di BLT Dana Desa ini berjumlah 79 KK. Jadi jumlah KK yang menerima selama Pandemi Covid-19 Tahun 2020 ini sebanyak 230 KK yang sudah menikmati hasil bantuan ini sehingga tinggal 87 KK lagi dan ini kita anggap mampulah.
Lebih lanjut Amon menjelaskan, ” dari 79 KK yang menerima BLT-DD ini hanya beberapa KK saja yang kita hadirkan untuk penyerahan secara simbolisnya aja kemudian setelah ini kami bersama seluruh perangkat desa yang ada akan menyerahkan langsung datang ke rumah bagi penerima yang sudah terdaftar.
BLT Dana Desa Ransi Dakan akan disalurkan terhitung bulan April dan Mei dengan nilai Rp 1.200.000 untuk 1 KK, kemudian untuk penyaluran selanjutnya pada bulan Juni 2020 sebesar Rp. 600.000 untuk 1 KK.
Pj. Kades Ransi Dakan Askara, S. Sos dalam sambutannya mengingatkan kepada penerima BLT Dana Desa ketika nanti setelah menerima bantuan ini tolong stiker yang dipasang jangan sampai dilepas atau sengaja untuk dirusak, apabila ini diketahui pihak kami maka data saudara kami hapus sebagai penerima selanjutnya dan kami anggap saudara sudah mampu serta tidak masuk dalam kriteria penerimaaan BLT ini, perlu diketahui juga di masa pandemi covid-19 Dana Desa ini diprioritaskan untuk pelaksanaan BLT Desa sehingga Pemdes wajib menganggarkan dan melaksanakan kegiatan ini.
Dalam waktu yang sama Camat Sungai Tebelian yang diwakili Sekcam Karjito, S. Sos, M. A. P mengatakan, ” Data yang saya lihat dari penerima BLT-DD ini adalah yang terbanyak dari Desa lain, saya berharap kepada penerima bantuan ini gunakan uang sebaik-baiknya dalam masa pandemi covid-19 ini kita tidak tau berakhirnya kapan walaupun kita ada mendengar new normal atau persiapan menuju tatanan normal baru produktif tentunya kita sama-sama menerapkan protokol kesehatan agar bisa mencegah penularan virus Covid-19 ini dan tolong jangan ada polemik iri dengki satu sama lain rezeki itu masing-masing sudah ada yang ngatur jadi kalaupun sudah menerima ya sudahlah.
Prosesi penyerahan pertama secara simbolis kepada 5 KK diserahkan oleh Sekcam Sungai Tebelian, Pj. Kades Ransi Dakan, Ketua BPD, BHABINKAMTIBMAS, BABINSA serta di saksikan beberapa tokoh masyarakat seperti Hilarius Ali dan Paulus CH, Para Pedamping Desa, Kepala Dusun berserta seluruh Ketua RT.
Selesai penyerahan secara simbolis seluruh rombongan yang didampingi beberapa LINMAS Desa Ransi Dakan langsung menuju rumah bagi penerima BLT sekaligus dimulainya kegiatan penyerahan BLT Dana Desa dan pemasangan stiker. Kegiatan ini dimulai dari Dusun Dakan Hilir, Dakan Hulu dan berakhir di Dusun Punti tanpa ada kendala di mana pelaksanaan penyerahan bantuan ini berjalan lancar dan dapat diselesaikan dalam satu hari. (Martin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed