oleh

KKM Untan Berbagi Bansos di Tengah Masa Pandemi Covid-19

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan mendukung program pemerintah terkait penyebaran Covid-19,mahasiswa Universitas Tanjung Pura melakukan kegiatan KKM era Covid-19 yang disebut Kuliah Kerja Mahasiswa sebagai syarat kelulusan program sarjana di desa masing-masing sesuai arahan dan kebijakan kampus.

Walaupun masih suasana Pandemi,Covid-19 Mahasiswa Tetap Mengabdi”Mahasiswa FMIPA UNTAN melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa(KKM)yang berbeda dari biasanya.

Hal ini disebabkan karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19.Meski dilakukan di tempat tinggal masing-masing, kegiatan KKM ini tetap harus memberikan dampak positif terhadap warga di lingkungan sekitar..

KKM kelompok 4 periode 2020 dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus sampai 5 September 2020 di tempat tinggal masing-masing yang tersebar dari berbagai daerah yaitu Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Rasau Jaya.

Mahasiswa KKM kelompok 4 melaksanakan berbagai kegiatan terkait dampak yang dirasakan pada masa pandemi COVID 19.
Di kecamatan Rasau Jaya, mahasiswa KKM kelompok 4 melaksanakan kegiatan penguatan ekonomi UMKM,

Yaitu UMKM pembuatan rengginang singkong.Sedangkan di kecamatan Sungai Raya mahasiswa KKM kelompok 4 melaksanakan kegiatan terkait digitalisasi pembelajaran untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama,

Dimana mahasiswa membantu guru–guru dalam pembuatan video pembelajaran dengan animasi serta melaksanakan kegiatan bersama komunitas “Masyarakat Peduli Sesama (MPS)”dalam rangka membagikan sembako untuk masyarakat.MPS merupakan suatu komunitas yang terbentuk pada tanggal 9 Maret 2020 dan
berlokasi di Desa Arang Limbung.

“Hal yang mendasari terbentuknya komunitas ini yaitu ingin membantu masyarakat terdampak Covid-19 yang tentu saja merasa terbebani karena ruang yang terbatas.Untuk sementara bantuan tersebut dikhususkan untuk masyarakat yang berada di Desa Arang Limbung.”Ucap salah satu pendiri Komunitas ini.

Untuk sumber pendanaannya pun berasal dari anggota komunitas itu sendiri dan juga para donator.Tentu saja bukan hanya pembagian sembako pada setiap hari Jumat,Beberapa program kerja MPS diantaranya seperti bedah rumah, pemasangan meteran listrik, qurban,dan pemberian pompa air sekaligus instalasinya.
Komunitas ini juga melakukan survey untuk mencari masyarakat yang layak menerima bantuan tersebut.”Kata Rama Destrealdi Saputra

Terdapat beberapa kriteria penerimaan bantuan seperti kondisi kesehatan,pekerjaan,dan berbagai informasi lainnya.Pada proses ini tentu saja tidak melihat suku maupun agama, bantuan harus tersalurkan kepada masyarakat yang memang layak penerima bantuan.”Ucapnya.

“ Sementara Wakil Dekan Kemaha siswaan dan Amlumni
Dr.Rafdinal S.si.M.sc Kepada sejumlah media pada(15/9)dia menjelaskan Kondisi pandemi sekarang ini semua metode pembelajaran dilakukan secara online,sehingga bagi keluarga siswa yang tidak memiliki fasilitas tersebut mengalami kesulitan dalam belajar.Jadi kami menyalurkan bantuan berupa Hp android kepada siswa agar bisa mengikuti pembelajaran online” tambah salah satu anggota komunitas ini.

“Dari beberapa program kerja tersebut tentunya masyarakat maupun aparat desa sangat mendukung.Masyarakat penerima bantuan pun merasa sangat terbantu dan berterimakasih.Komunitas ini juga mempromosikan kegiatannya via online seperti YouTube dan Facebook.

“Meskipun penyaluran bantuan hanya di Desa Arang Limbung, namun komunitas ini sangat terbuka dengan masyarakat dari Desa manapun yang ingin bergabung ataupun bertanya tentang bagaimana cara membentuk sebuah komunitas.

“Dengan adanya Mahasiswa KKM,kami merasa sangat senang telah terpilih dari sekian banyak komunitas yang lebih besar lainnya,dan terbantu karena sudah turut ambil andil dalam proses penyaluran bantuan.”ujar salah satu anggota MPS.

Seluruh anggota komunitas berharap program kerja ini akan terus berlanjut,bertambah kuantiti dan area jangkauan penyaluran bantuan yang semakin luas.Berdirinya MPS MPS lainnya di berbagai desa, sehingga lebih banyak masyarakat yang akan terbantu.”Pungkasnya(Tim/MK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed