oleh

Kelompok Tani Desa Ambawang Kuala Gelar Panen Raya Perdana

Kubu Raya, Media Kalbar

Panen raya digelar Kelompok Tani Usaha
Bertempat di parit Aim l RT.03/RW.03 Desa Ambawang Kuala Kecamatan Sei Ambawang, Kabupaten Kubu Raya Minggu (25/10/20).

Panen perdana ini merupakan Program Pemanfaatan Pekarangan Lestari(P2L) merupakan hasil binaan Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian Kabupaten Kubu Raya

Hadir dalam panen perdana itu diantaranya Kepala Dinas ketahanan pangan dan pertanian Provinsi Kalbar Ir.H.Muhammad Munsif MSi., Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kubu Raya Ir.Gandhi Satyagraha, MT beserta Jajarannya, Anggota DPRD Provinsi Kalbar H. Irsan S.Ag., dan Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Maimunah.SE
Camat Sei Ambawang Drs. Satuki beserta Stakeholder dan Penerima Manfaat turut hadir meramaikan acara Panen Perdana ini.

Nasuha Ketua Kelompok Tani Usaha maju saat di wawancarai sejumlah wartawan dia mejelaskan ada sekitar 600 meter persegi karna petunjuk dari Pemerintah kemarin minimal 100 Meter persegi sehingga kami memperluas lahan – lahan kita untuk P2l ini sekitar 600 meter,”Jelasnya.

“Alhamdulilah kita bisa membuktikan bahwa kami bisa, ya alhamdulillah kebetulan kami di beri kesempatan ini kepada kelompok tani usaha maju, sebelumnya ini yang di percayakan untuk mengelolah P2l ini,”memang kelompok – kelompok wanita tani,”Katanya.

“Alhamdulillah kami di berikan kesempatan ini,alhamdulilah lahan perkarangan kita jadi hijau Royo- royo,membuktikan bahwa buahnya sangat lebat sekali,kemudian semuanya membuktikan bahwa kita juga bisa,dan kelompok tani kita juga dengan giatnya dan bergotong royong untuk membuat kegiatan ini agar menciptakan lapangan kerja dan menambah inkam dari pada anggota kelompok tani itu sendiri.”Ucapnya.

Nasuha juga menjelaskan Yang di tanam di sini ada 3 sampai 4 jenis,yang sementara bisa kami tanam termasuk timun,kacang dan gambas,sementara cabai ada yang sebagaian kita semei dan sebagian juga ada yang kita tanam di perkarangan anggota, alhamdulilah tumbuhnya juga bagus dan perkemabangannya juga luar biasa membanggakan.

Yang beranggota Kurang lebih 30 sebenarnya anggota kami, namun yang aktif sekitaran 20 – 25 Tetapi ya kami juga bangga dengan kelompok kami yang mana dalam kegiatan gotong royong nya sangat rukun dan antusias dalam melaksanakan kegiatan

Lebih lanjut dia memaparkan Sebanyak 4 tanaman hidroponik menjadi budidaya kelompok tani Usaha Maju,Parit Aim Desa Kuala Ambawang.Adapun tanaman tersebut adalah jenis sayuran Timun, Kacang Panjang, Keladi dan Cabe.

“Salah satu kunci keberhasilan panen perdana ini terletak di proses penyemaiannya.Jika di tahap ini sudah bagus maka ketika pindah medium tanam, insha Allah tidak ada kendala.Di satu sisi,ketika pindah medium tanam,kita juga harus perhatikan nutrisinya.Jangan sampai kekurangan atau berlebihan,” jelas Nasuha ketua Kelompok Tani Usaha maju.

Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kubu Raya Ir.Gandhi Satyagraha,MT Mengatakan,bahwa Petani di wilayah Parit Aim l Desa kuala Ambawang juga tidak kalah berkualitas dengan pertanian-pertanian di desa lain.

“Saya yakin ketahanan pangan itu bisa didukung oleh setiap keluarga, Harapannya selain pengelolaan secara kelompok dan hasilnya disebarluaskan ke seluruh warga masyarakat.Nanti masing-masing keluarga juga bisa memiliki lahan atau medium tanamannya masing-masing,” Terangnya.

Program Ketahanan Pangan merupakan salah satu program pemberdayaan dalam mengatasi dampak dari pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020.Program Ketahanan Pangan sendiri terdiri dari budidaya tanaman hidroponik dan budidaya ikan lele dalam ember(budikdamber).

“Konsentrasi program ini untuk memberikan kemandirian bagi sektor UMKM dan keluarga.Baik hasilnya untuk konsumsi pribadi bagi warga kelompok tani atau dipasarkan untuk menambah penghasilan,”pungkas Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kubu Raya Ir.Gandhi Satyagraha,MT

Di lokasi yang Sama Kepala Dinas ketahanan pangan dan pertanian Provinsi Kalbar.Ir.H.Muhammad Munsif MSi.Kepada sejumlah wartawan dia mengatakan kelompot Tani Usaha maju ini merupakan salah satunya di antara 136 titik yang kita kasi program.yang di lakukan oleh Pemerintah Provinsi di Lima Belas Kabupaten Kota.

“Salah satu yang di lokasikan di Kabupaten Kubu Raya dan kebetulan kelompoknya di wakilkan kepada kelompok petani Peria yang satu satunya yang ada di Kalimantan Barat.”Terangnya.

Di katakannya Kita baru saja menyaksikan panen perdana tanaman denpot dari jenis timun di sebelah sana juga ada tanaman kacang panjang tanamannya bagus kita berharap Mudah-mudahan tidak hanya sekali ini saja.dapat berkelanjutan,”Harapnya.

“Sehingga hasil panen ini bisa di manfaatkan oleh kelompok untuk mendapatkan pendapatan dan juga sekaligus menjadi pariasi makanan sumber pangan lokal dari beraneka sayur sayuran untuk membuat masyarakat di sini terutama kelompok lebih sehat.”Tandasnya.

Dengan memakan sayuran maka tubuh kita lebih sehat mudah mudahan ini ada manfaatnya dalam rangka sekaligus di tengah Covi-19 ini.masyarakat kita tetap melakukan kegiatan produksi sekaligus membuat keluarganya sehat serta lingkungannya juga sehat.”Pungkasnya.(Tim/Mk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed