by

991 Peserta Lolos Tahap Pertama Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2021

Jakarta, Media Kalbar

Pertamina Foundation dalam memberikan dukungan pada kemajuan pendidikan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) telah meluncurkan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi yang terdiri dari 3 program antara lain Pertamina S-1 Reguler, Afirmasi, dan Vokasi.

Penerima beasiswa program Afirmasi dikhususkan untuk mahasiswa S1 yang berada di wilayah daerah operasi PT Pertamina (Persero) dan penerima beasiswa program Vokasi merupakan mahasiswa yang menempuh pendidikan diploma di perguruan tinggi mitra.

Beasiswa ini dibuka secara serentak pada 29 Maret hingga 21 April 2021. Selama periode pendaftaran tersebut tercatat jumlah pendaftar Beasiswa Pertamina Sobat Bumi sebanyak 16.743 pendaftar.

Setelah melalui tahap seleksi awal administrasi, peserta beasiswa yang lolos dari ketiga program yaitu program S-1 Reguler, Afirmasi, maupun Vokasi telah diumumkan. Total peserta beasiswa yang lolos pada program S-1 Reguler sebanyak 473 orang, peserta beasiswa program Afirmasi sebanyak 396 orang, dan peserta beasiswa program Vokasi sebanyak 122 orang.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari mengatakan bahwa proses seleksi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi tahun ini tetap dilakukan dengan optimal meskipun dilakukan secara daring dikarenakan kondisi yang ada saat ini.

“Selamat kepada seluruh peserta yang lolos. Meskipun proses seleksi dilakukan secara daring tetapi ternyata tidak menyurutkan semangat dan antusiasme anak-anak muda Indonesia dalam mengikuti program beasiswa ini. Dengan diberikannya kesempatan menerima  beasiswa ini bukan berarti jalan menuju masa depan dapat dilalui dengan mudah. Tetap semangat dan terus berusaha dengan maksimal” tutup Agus.(19/5/21)

Antusiasme para calon penerima beasiswa ini terlihat dari beberapa kesan-pesan dan harapan mereka terhadap Beasiswa Pertamina Sobat Bumi seperti yang disampaikan oleh Leonardo Kopon.

“Harapan saya yakni bisa menjadi bagian dari beasiswa ini agar lebih bisa meningkatkan kualitas dan potensi diri melalui segala kegiatan/program yang akan diselenggarakan oleh Beasiswa Pertamina Sobat Bumi” tutur Leonardo.

Selain itu, seorang calon penerima beasiswa lainnya yaitu Raissa Zhafira Sulaeman juga turut menyampaikan pesan-pesan dan harapan.

“Harapan saya beasiswa ini menjadi harapan bagi sekian mahasiswa, menjadi dorongan dan fasilitas lebih agar bisa berkarya, berprestasi, dan lebih mengabdi kepada lingkungan sekitarnya, terutama bagi bangsa Indonesia. Semoga impact yang diberikan akan bisa lebih luas kepada seluruh universitas yang ada di nusantara, sehingga tak peduli latar belakang kampusnya, kredibilitas seseorang merupakan satu yang utama” tutur Raissa.

Peserta yang lolos seleksi pada tahap pertama kemudian akan mengikuti seleksi wawancara. Seleksi wawancara ini akan diadakan mulai tanggal 31 Mei hingga 8 Juni 2021 secara daring. Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan seleksi tahap wawancara akan disampaikan melalui media sosial Pertamina Foundation.

Penyelenggaraan program beasiswa ini mendapatkan dana bantuan dari CSR PT Pertamina (Persero), serta beberapa anak perusahaan yang berpatisipasi, yaitu PT Pertamina EP dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur dan diserahkan melalui Pertamina Foundation kepada para penerima.(*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed