by

Antisipasi COVID-19, Pemdes Teluk Pakedai Satu Menggelar Edukasi dan Sosialisasi

Kubu Raya, Media Kalbar

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya Penularan COVID-19,Pemerintah Desa(Pemdes)Teluk Pakedai Satu selalu berikhtiar melakukan langkah-langkah terbaik dengan menyelenggarakan edukasi dan sosialisasi pencegahan dan penanganan COVID-19 dengan tema Desa siaga kesehatan oleh Gugus tugas relawan percepatan.penanganan covid-19 kepada masyarakat di balai Desa setempat pada hari Senin (7/6/21)Siang

Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan(Forkopimka)yang di wakili oleh Trantib dan linmas Kecamatan Teluk Pakedai Suaidi.
Kepala Puskesmas Teluk pakedai Apdullah Asyarafi HasibuanSKM.
,Kepala Kepolisian Sektor(Kapolsek)Teluk Pakedai,
IPDA sihar Lumbantoruan
yang di wakili oleh Eko Hermansah Bhabinkamtibmas Desa Teluk Pakedai Satu.

Danramil Teluk Pakedai.Danramil 1207-08/Teluk Pakedai Lettu Kav Prasetyo yang di wakili Sertu Herman Babinsa Desa Teluk Pakedai Satu.

Anggota BPD Desa teluk Pakedai Satu.Perangkat Desa teluk pakedai Satu.Kepala Dusun.Ketua RW.Rt Tokoh masyarakat.pemuka Agama dan paratamu undangan yang hadir

Edo putra priantono Dokter Umum di Puskesmas Teluk Pakedai saat di Wawan carai sejumlah wartawan dia menjelaskan Tim relawan covid -19 ini tadi saat ini mau di amantkan sama undang undang terkait penanggulangan bencana covid-19.”Jelasnya.

Penanggulangan covid-19 ini harus nya memang di mulai tidak hanya dari Puskesmas namun Stekolder- stekolder terkait dalam arti nya dari staf jadi dari Tim Desa sendiri dari Pemerintah Desa sendiri memang sudah diamanatkan oleh undang undang menganggarkan sekitar 8% dari anggaran Dana Desa nya untuk memperkecil rantai penularan covid-19 di tingkat desa,”Katanya.

Terutama kalau di saat ini adalah di Desa kecamatan teluk pak kedai.
Untuk total seluruhnya sebetulnya saya tidak tau pastinya tapi yang jelas ada tiga saat ini semua desa di kecamatan teluk pak kedai tidak hanya pihak Desa tapi juga dari pihak Kecamatan hingga Babinsa dan Pemerintah diknas semuanya berkerjasama dengan pihak Puskesmas untuk melakukan pencegahan dan pemusnahan covid-19 di lintang atas.,”Terangnya.

Sementara Kepala Desa Teluk Pakedai Satu Edy.SH
Kepada sejumlah wartawan usai kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan COVID-19.dia.mengatakan.

“Sosialisasi ini sesuai dengan Intruksi Bapak Bupati,bahwa kita mesti memberikan pemahaman kepada warga hingga ke kawasan pelosok agar selama ancaman Covid-19 ini masih terjadi,warga wajib melakukan sosial distancing (menjaga jara antar manusia) supaya terhindar dari penularan virus Covid-19.

lebih lanjut Edy mengatakan.Sebenarnya kita ini pembentukan relawan Covit-19 sudah lama cuma kita peningkatan relawan covid di mana di lapangan para anggota di lapangan bisa melaksanakan tugas dan fungsi nya.

“Sehingga kita di sini itu menghadirkan dari kesehatan
karena kesehatan selaku gugus tugas dari Kecamatan sehingga pada saat di lapangan anggota Tim relawan Dinas kesehatan khususnya desa kita tidak Simpang siur tentang pemahaman itu.tujuan kita sehingga bisa mengenalkan kepada masyarakat tentang covitd-19.

Dia juga menjelaskan untuk posko penanganan Covid-19 Kita ada 13 titik di mana situ titik kita dengan bantuan kita yaitu alat cuci tangan, bantuan yang untuk covid kita ada 13 titik yaitu untuk Mushollah, Masjid, tempat ibadah,Sekolahan, dan tempat keramaian.”Terangnya.

“Pesan saya kepada masyarakat, harapan kita covid-19 ini cepat berakhir dengan harapan masyarakat bisa melaksanakan Protokol kesehatan menjaga kesehatan,menjaga lingkungan dan saling memahami tugas tugas dan fungsi para protokol.”Harapnya.

Terpisah Kapolsek Teluk Pakedai yang di wakili oleh Bripka Eko Hermansyah Bhabinkamtibmas
Desa Teluk Pakedai satu kepada sejumlah wartawandia.

Bahwa warga saya khususnya di Desa Teluk pak Kedai Satu menerapkan Protokol Kesehatan dengan rajin,cuci tangan,memakai masker,menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas keluar ya jadi itu salah satu upaya kita untuk mencegah dari pada penularan Covid-19.mudah mudahan dengan upaya itu covid-19 ini segera berakhir,”Pesannya.

Pada waktu yang sama Danramil 1207-08/Teluk Pakedai yang di wakili Oleh Sertu Herman Babinsa Desa Teluk Pakedai Satu.
Mengatakan Saran kami untuk posko Covid-19 sebaiknya dilengkapi dengan peralatan yang baik salah satunya tentang kasur Saya lihat Posko ini kan berada di kantor Desa.

“Jadi untuk sementara ini masih belum ada jadi mohon nanti untuk Dinas terkait mungkin atau pihak Desa untuk mengusulkan ke pihak Puskesmas untuk bisa melengkapi alat tidur yang untuk alat- alat kesehatan lain yang seperti contoh”

Politestur untuk Desa teluk pak kedai satu Ini agak kurang memadai agak kurang terawat ya mohon untuk pihak terkait terutama Dinas Kesehatan Kabupaten kubu raya supaya mengakomodir tentang fasilitas kesehatan yang ada di desa teluk pak kedai satu.”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed