by

BPHP Wilayah VIII Pontianak Gelar Kegiatan Pembinaan Teknis Terhadap Tenaga Teknis PHPL dan Operator Sipuhh Online

Pontianak, Mediakalbarnews.com – Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah VIII Pontianak gelar kegiatan Pembinaan Teknis terhadap Tenaga Teknis PHPL dan Operator Sipuhh Online pada Unit Manajemen. Bimtek diikuti sebanyak 105 peserta yang berasal dari petugas atau karyawan perusahaan IUPHHK-HA/HTL, IUIPHHK, IPK dan Hutan Hak di Provinsi Kalimantan Barat. Senin (22/3/21) di Harris Hotel Pontianak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat diwakili Ervan Judiarto, ST.,MT dalam sambutan singkatnya menyampaikan tentang pentingnya Pembinaan Teknis terhadap Tenaga Teknis PHPL dan Operator Sipuhh Online.

Sementara Plt. Kepala BPHP Wilayah VIII Pontianak, Ir. Imam Mulyo Suyono, M.Si memaparkan tentang mengapa perlu multi usaha Kehutanan.

” Pertama, nilai ekonomi riil lahan hutan sangat rendah, kedua, presentase areal efektif jugu sangat rendah, ketiga, pasar kayu dari hutan alam cenderung menurun, ke empat, sebagai alternatif sumber PNBP selain hasil hutan kayu dan kelima, perlu optimalisasi ruang pemanfaatan hutan, ” terangnya.

Selanjutnya pemaparan materi SIGANISHUT mengenai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.70/MENLHK/SETJEN yang disampaikan oleh Agus Sukamto, S.Hut dan Siswanto.

Materi terakhir sebelum sesi diskusi publik, pemaparan materi tentang aplikasi SIPUHH Online pada IUPHHK-HA/HTI, IPK, dan Hutan Hak disampaikan oleh Ardian Susilo, S.P. (bgs/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed