by

Bupati Melawi : Stabilitas Harga Pangan Menjadi Salah Satu Tujuan Prioritas Dalam Pembangunan

Melawi, Mediakalbarnews.com – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, secara resmi membuka kegiatan gelar pangan murah berkualitas yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (06/04/2021) di halaman Kantor Camat Belimbing.

Gelar pangan murah berkualitas tersebut menyediakan sejumlah kebutuhan pokok warga mulai dari beras, minyak goreng, gula, kental manis, mentega, daging ayam beku, daging kerbau beku, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai dengan harga yang terjangkau namun berkualitas.

Lilis Silvia, Kepala Seksi Distribusi dan Harga Pangan pada Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat dalam laporannya mengatakan gelar pangan murah berkualitas dilaksanakan untuk mendekatkan akses pangan kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau dengan tujuan akhir adalah stabilisasi harga pangan.

Lilis juga mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan setiap hari melaksanakan intervensi untuk menstabilkan harga pangan. Mulai dari pelaksanaan operasi pasar atau gelar pangan murah seperti saat ini. Walau kondisi saat ini memang masih menghadapi pandemi Covid-19, tidak mengurangi semangat instansinya untuk menggelar kegiatan tersebut, dan Kabupaten Melawi merupakan Kabupaten Pertama yang menjadi tempat gelar pangan murah berkualitas yang dilakukan oleh instansinya.

“Yang terpenting tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Termasuk kami juga akan melayani pembeli dalam gelar pangan murah ini akan selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai pesan bapak Gubernur”, ungkapnya.

Lanjut dikatakan Lilis, Instansinya melaksanakan intervensi pasar dan stabilisasi harga pangan melalui Toko Tani Mitra. Seluruh produk yang dijual merupakan hasil dari petani Kalimantan Barat, dan untuk barang yang tidak di produksi oleh petani di Kalimantan Barat, instansinya bekerjasama dengan distributor dan menjualnya dengan harga murah.

“Toko Tani ini memutus mata rantai sehingga harga akan semakin murah. Toko Tani Indonesia Center khusus menampung hasil komoditas petani. Dari Gapoktan yang sudah kita bina seperti beras yang sudah kita jual ini berasal dari petani kita. Harga murah ini tidak berarti barang tidak bagus, namun tetap berkualitas. Pembelian juga dibatasi agar tidak terjadi aksi borong sehingga seluruh masyarakat sama-sama mendapatkannya”, katanya.

Sementara itu, Bupati Melawi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat melalui Pasar Mitra Tani yang telah berkontribusi atas terlaksananya kegiatan gelar pangan berkualitas di Kecamatan Belimbing.

Selanjutnya Bupati mengatakan gelar pangan berkualitas tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat untuk memperoleh bangan pangan pokok dengan harga yang terjangkau.

Selain itu menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan harga pangan di tingkat konsumen atau stabilisasi harga pangan pokok sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga terjangkau.

“Harga pangan yang berfluktuasi akan mempengaruhi kesejahteraan petani selaku produsen pangan maupun masyarakat luas selaku konsumen akhir. Karena itu, stabilitas harga pangan menjadi salah satu tujuan prioritas dalam pembangunan”, ungkapnya.

“Saya juga berharap Dinas di Kabupaten Melawi juga bisa melakukan seperti yang dilakukan oleh Dinas Pangan Provinsi termasuk dalam mendirikan toko tani”, tutupnya.

Sumber : Humas Pemkab. Melawi

Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed