by

Bupati Sanggau Pastikan Tidak Ada Warga Bakar Hutan

SANGGAU, Media kalbar
Bupati Sanggau Paolus Hadi menyebut bahwa tidak ada warga Sanggau yang membuka lahan dengan cara membakar. Hal itu karena saat ini di Kabupaten belum masuk musim berladang.

“Saat ini tidak ada orang Sanggau yang melakukan aktifitas membakar ladang, karena memang belum musim berladang. Saya juga sudah sampaikan, jangan gunakan kesempatan musim kemarau ini lalu membakar dan itu tegas,” ujar Bupati ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (2/3).

Dikatakan PH, sapaan akrabnya, Kabupaten Sanggau bersama beberapa Kabupaten lain sudah ditetapkan sebagai darurat kabut asap. Atas dasar itu, Pemprov Kalbar juga menetapkan darurat kabut asap di Kalbar. Hal ini mengingat Kabupaten Sanggau sudah memasuki musim kemarau sehingga perlu kewaspadaan.
Kami dari Forkompimda sudah menggerakan seluruh potensi yang kita miliki sesuai dengan tupoksi kita masing-masing untuk memantau Karhutla,” ungkap PH.

BPBD pun, lanjut Bupati dua periode itu, sudah Ia perintahkan untuk memberikan imbauan kepada Camat dan Kepala Desa untuk memastikan tidak ada warganya yang membuka lahan dengan cara membakar, meskipun saat ini belum masuk musim berladang.

“Kita sudah punya Peraturan bupati nomor 39 tahun 2020 yang mengatur tentang tata cara pembakaran lahan pertanian terbatas dan terkendali berbasis kearifan lokal. Artinya, itu diatur pada saat melakukan perladangan, dan saat ini tidak ada orang yang berladang,” pungkasnya.(MJ)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed