by

Dies Natalis Teknik Industri ke-13, HMTI Universitas Tanjungpura Akan Mengadakan Lomba Kreativitas dan Inovasi 2021

Pontianak, Media Kalbar

Memperingati Dies Natalis Teknik Industri yang ke-13, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Tanjungpura mengadakan kegiatan Lomba Kreativitas dan Inovasi 2021.

Lomba Kreativitas dan Inovasi 2021 ini akan dilaksanakan pada 28 Agustus mendatang dengan fokus tema “Peran Generasi Muda dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal demi Mewujudkan SDGs 2030”.

Perlombaan yang akan dilaksanakan adalah.
1. Business Plan
2. Lomba Video Kreatif

Perlombaan LKI dilaksanakan secara online, sehubung dengan penerapan protokol kesehatan covid-19. Diselenggarakan gratis dengan syarat peserta merupakan siswa/siswi SMA sederajat se-Kalbar.

Ketua Jurusan Teknik Industri Universitas Tanjungpura, Dr. Yopa Eka Prawatya, ST, MEng, IPM mengatakan bahwa “Peran generasi muda menjadi penentu dalam tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) demi menciptakan tatanan dunia yang lebih baik pada 2030 nanti. Kondisi pandemi covid-19 tentunya berpengaruh pada upaya pencapaian target SDG pada 2030, namun sesungguhnya disinilah generasi muda berperan untuk terus berkarya sebagai pelaku pembangunan sesuai dengan prinsip inklusivitas SDGs yaitu “tidak ada satupun yang tertinggal” (no one left behind). Pontianak, (22/7/21).

“Kegiatan LKI ini mendorong generasi muda khususnya siswa/siswi SMA sederajat se-Kalbar untuk tetap partisipatif, aktif, kreatif dan inovatif dalam menyukseskan SDGs. Salah satunya menjadi generasi muda yang bermanfaat dengan membuka lapangan pekerjaan dan memperhatikan kearifan lokal. Ini sekaligus menjadi tantangan mengingat generasi muda merupakan aset jika berperan positif dan resiko jika berperan negatif dalam menghadapi terpaan globalisasi yang masif. Mayoritas generasi muda menjadi pribadi yang serba instan, canggih dan modern. Sehingga dengan adanya kegiatan LKI ini diharapkan kontribusi generasi muda terhadap kearifan lokal tetap berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi digital.” jelasnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Tanjungpura, Aditya Eza Nugraha juga menuturkan bahwa “LKI adalah salah satu progja yang ada di Himpunan Mahasiswa Teknik Industri, yang diadakan setiap 1 tahun sekali. LKI adalah wadah untuk siswa siswi SMA sederajat, untuk menyalurkan minatnya terhadap Video Kreatif dan Business Plan, demi mendukung program pemerintah terkait SDGs 2030. Diharapkan siswa-siswi bisa menumbuhkan dan mengembangkan peran pelajar dalam pembangunan yang ada, khususnya di Kalimantan Barat.”

Tak lupa Ketua Panitia LKI 2021 Radlial Anwar sebagai penyelenggara kegiatan ini memberikan tanggapan bahwa “Di era New Normal saat ini banyak sektor kehidupan yang perlu dilakukan peningkatan salah satunya ekonomi kreatif. Peningkatan sektor ini dibarengi dengan potensi kearifan lokal yang begitu besar dan berkembang pesat di masyarakat, oleh karena itu kita harapkan peran dari generasi muda yakni adek-adek SMA sederajat dalam memberikan gagasan atau ide dalam peningkatan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal untuk mewujudkan sdgs 2030”.

Dengan demikian, Radlial Anwar mengajak kepada seluruh anak muda yang ada di Kalimantan Barat khususnya anak-anak SMA/SMK sederajat turut andil dalam meningkatkan potensi ekonomi kreatif yang ada di Kalimantan Barat.

Ia juga memberikan pesan kepada adek-adek siswa-siswi SMA sederajad yang berisikan motivasi kepada mereka agar semangat dalam mengembangkan potensi ekonomi kreatif yg ada di Kalimantan Barat. “Semangat muda, Jiwa Muda, Semangat kita, Kita bersama. Mari Hidupkan Semangat belajar , dan kreativitas anak bangsa dalam mewujudkan SDGs 2030” tuturnya.

Kegiatan ini sendiri merupakan agenda tahunan yang diadakan sejak tahun 2015 oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Tanjungpura.

Ayo… Generasi muda siswa-siswi SMA/SMK Sederajat seluruh Kalimantan Barat ramaikan kegiatan perlombaan ini, pastikan karya kamu adalah salah satu yang terbaik dan jadilah pemenang.(**/mkn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed