by

Dinas PUPR Provinsi Kalbar Menerima Kunjungan Komisi C DPRD Dan PUPR Landak, Ini Poin Pentingnya

Pontianak, Media Kalbar

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Barat menerima Kunjungan Kerja Komis C DPRD Kabupaten landak yang di dampingi oleh Dinas PUPR Kabupaten Landak di ruang rapat Bidang Bina Marga PUPR Provinsi Kalbar pada hari Jumat, 19 Maret 2021.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Barat Ari Yanuarif diwakilkan Kabid Bina Marga Sukri, dan didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Iskandar Zulkarnaen, serta Kasi Pemeliharaan/Rehabilitasi Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga. Sementara dari DPRD Landak dihadiri Ketua Komisi C Nikodemus, beserta anggota Junis, Margareta dan Maraga Satrio Arjuna, didampingi Dinas PUPR Landak, Sekretaris Jamelius, Kepala Bidang SDA (Sumber Daya Air) Yosua Barage dan Kepala Bidang BM (Bina Marga) Redi Suhendi.

Adapun kunjungan tersebut berkaitan dengan pengusulan untuk perbaikan jalan yang rusak parah khususnya di wilayah Kabupaten Landak, antaranya ruas Jalan Sidas-Simpang Tiga

Dalam penyampaiannya Ketua Komisi C Nikodemus mengatakan bahwa kerusakan jalan akibat beban muatan yang berlebihan, khususnya angkutan sawit dikondisi jalan yang bagus hanya bisa untuk muatan 8 ton.

“Harapannya semoga apa yang telah kami sampaikan kali ini yaitu dapat Pemerintah Provinsi tanggapi dan melakukan perbaikan-perbaikan jalan dengan cepat agar masyarakat dapat melakukan aktivitas-aktivitas dengan baik,” ucap Nikodemus.

Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kabupaten Landak Redi Suhendi memaparkan, diruas jalan Provinsi Batas Kabupaten Bengkayang-Suti Semarang-Serimbu bahwa ada 4 buah jembatan yang harus dibangun terlebih dahulu. Karena hal tersebut untuk bisa meningkatkan ruas jalan akses dari Bengkayang ke Kabupaten Landak.

” Nantinya bisa menjadi akses alternatif dan keterisolasian Desa-desa di Kecamatan Air Besar bisa terbuka, selain daripada itu untuk ruas jalan Sidas-Simpang Tiga sangat perlu juga untuk ditingkatkan mengingat jalan tersebut semakin hari semakin padat lalu lintas hariannya sehingga banyak titik diruas tersebut mengalami kerusakan.”  KataRedi

Ia melanjutkan untuk ruas jalan Simpang Pak Mayam-Nahaya dan Nahaya-Amboyo Selatan merupakan jalan alternatif untuk menghubungkan antar jalan nasional dan akan menjadi jalan yang paling strategis untuk menunjang akses pelabuhan Kijing ke Daerah Kabupaten Ketapang dan Provinsi Kalimantan Barat.

Sementara Kepala Bidang SDA PUPR Landak Yosua Barage menyampaikan, menurutnya salah satu usulan yang diharapkan ditanggapi lebih cepat oleh Pemerintah Provinsi adalah penanganan Wilayah pemukiman maupun lahan pertanian warga yang sering terkena banjir, jadi diperlukan penanganan khususnya sungai-sungai yang merupakan kewenangan Provinsi.

” Terkadang banjir ini menyebabkan gagal panen. dan juga penanganan Daerah irigasi yang menjadi kewenangan Provinsi. Semua itu untuk ketahanan pangan di Kabupaten Landak,” Kata Yosua.

Menanggapi itu Sukri selaku Kepala Bidang Bina Marga PUPR Provinsi Kalimantan Barat menambahkan, bahwa Kegiatan penyelenggaraan Jalan Provinsi di Kabupaten Landak sudah di angarkan dan diperincikan

Tahun Anggaran 2021 ini ada 1. Sub Kegiatan Rekonstruksi Jalan. Peningkatan Jalan Sidas – Simpang Tiga (Kontrak), Pagu Rp.4.800.432.500,00., 2. Sub Kegiatan Pemeliharaan Rutin Jalan yaitu 1. Pemeliharaan Jalan Provinsi Tersebar di Kab/Kota Provinsi Kalbar (Kontrak) Pagu 15.312.007.953,00. 2. Pemeliharaan Jalan (PL) : Pemeliharaan Jalan Sidas – Simpang Tiga, Rp.196.000.000,00.”

Ketika di wawancarai awak media termasuk media kalbar (mediakalbarnews.com) Sukri menjelaskan bahwa semua usulan akan di perhatikan, usulan jalan yang rusak dan sebagainya untuk kita perbaiki, “setiap tahun  kita anggarkan perbaikan jalan agar menjadi mantap.” kata Sukri.

Dikatakan lebih lanjut, termasuk jembatan yang rusak akan di perbiki untuk menjadi mantap, diantara yang di usulkan tadi tentu akan menjadi perhatian dan bisa di kabolarisasikan dengan perusahaan perkebunan dan pertambangan yang melintas dan sering memanfaatkan jalan tersebut. (amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed