by

Ini Penjelasan Dirut PDAM Tirta Melawi Mengenai Penyesuaian Tarif

-Melawi-1,260 views

Melawi, Mediakalbarnews.com – Kenaikan tarif pembayaran air yang sempat dikeluhkan warga pelanggan PDAM Tirta Melawi dalam beberapa bulan terakhir langsung disikapi oleh Direktur Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Tirta Melawi dengan mengundang awak media online dan Koran yang ada di Melawi. Senin (15/3/21) di Kantor PDAM Tirta Melawi Nanga Pinoh.

Agus Darius Direktur PDAM Tirta Melawi menyampaikan dihadapan awak media mengenai penyesuaian tarif sudah sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor : 15 Tahun 2020, dilakukan juga sesuai dengan Permendagri Nomor : 71 Tahun 2016, serta dari hasil Evaluasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan ( BPKP) dari Tahun 2017, 2018 sampai 2019 yang mengharuskan Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Tirta Melawi melakukan penyesuaian tarif.

“ Sebelum penyesuaian tarif kita juga sudah melakukan tahapan-tahapan sosialisasi, mulai dari konsultasi publik, sosialisasi kepada perwakilan pelanggan dimasing-masing kelompok mulai dari kelompok sosial, kelompok rumah tangga dan kelompok niaga, sosialisasi yang kita lakukan melalui tatap muka di PDAM Tirta Melawi, melalui kunjungan ke Kecamatan-kecamatan, melalui Medsos baik itu Instagram,  Facebook bahkan dialog interaktif melalui radio, “ terang Agus

Agus Darius juga menjelaskan kenapa penyesuaian tarif ini dilakukan, karena oprasional yang sangat besar seperti pembelian bahan kimia, pengantian aksesoris bahkan pembayaran listrik. Karena pada tahun 2021 ini pelayanan sudah menuju 24 jam.

Masih menurut Dirut PDAM Tirta Melawi, sampai hari ini dengan jumlah pelanggan yang sudah sangat besar kurang lebih mendekati 10 ribu maka kita membutuhkan biaya oprasional yang cukup tinggi, kami melakukan penyesuaian tarif ini memang sudah direncanakan dari tahun 2019, sesuai Perbub yang disahkan pada bulan Mei Tahun 2020 dan diberlakukan bulan januari Tahun 2021.

“ Sosialisasi tarif ini tidak bisa lakukan kepada seluruh pelanggan yang jumlahnya sembilan ribu lebih, tapi melalui perwakilan pelanggan, Medsos dan media, baik media cetak, pihaknya sudah sampaikan melalui info pelanggan. Kami juga berharap kepada pelanggan mungkin ada yang belum jelas mengenai tata cara perhitungan tarif baru, kami mohon pelanggan datang langsung ke kantor PDAM Tirta Melawi untuk menerima penjelasan cara menghitung tarif yang benar, “ terangnya.

“ Harapan kami, dengan dilakukan penyesuaian tarif ini supaya pelanggan hemat dalam menggunakan air, dalam arti ada blok 1, blok 2 dan blok 3. Blok satu harganya sedang, blok dua sudah mulai naik dan blok tiga lebih naik, oleh sebab itu gunakan air seperlunya sesuai dengan kebutuhan, jangan boros, atasi kebocoran-kebocoran sehingga penggunaan air itu sesuai dengan kebutuhab pelanggan, “ tutupnya.

Penulis/Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed