by

Jasa Raharja Kalbar Jamin Seluruh Korban Kecelakaan KMP Bili di Tebas

Pontianak, Media Kalbar

PT. Jasa Raharja Cabang Kalimantan Barat melalui PT. Jasa Raharja Perwakilan Singkawang, sebagai penyelenggara program dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang telah menyerahkan santunan biaya perawatan terhadap penumpang kapal KMP. Bili yang mengalami luka-luka akibat kecelakaan yang terjadi pada Sabtu, 20 Februari 2021 lalu di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas.

“Total 18 korban yang mengalami luka-luka dan dirawat di Puskesmas Tekarang langsung kita jaminkan untuk biaya perawatannya dan santunan biaya perawatan untuk 18 korban tersebut telah kami serahkan pada Rabu, 10 Februari 2021 “, kata Kepala PT. Jasa Raharja Perwakilan Singkawang, Gunawan.

Pihaknya menjelaskan, bahwa setiap penumpang alat angkutan umum yang resmi terjamin oleh Jasa Raharja apabila alat angkutan umum tersebut mengalami kecelakaan.

“Hak penggantian biaya rawatan telah kami serahkan sesuai dengan tagihan biaya rawatan para 18 korban kepada Puskesmas Tekarang Sambas selaku fasilitas kesehatan pertama yang memberikan perawatan kepada para korban tersebut”, lanjutnya.

Sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.010/2017, bahwa setiap penumpang sah yang menjadi korban kecelakaan alat angkutan umum dan mengalami luka-luka berhak mendapatkan santunan berupa penggantian biaya perawatan dan pengobatan dokter maksimal Rp 20.000.000,-, biaya ambulans paling banyak Rp 500.000,- dan biaya P3K paling banyak Rp1.000.000,-

“Terkait masih ada beberapa korban yang membutuhkan perawatan lanjutan, kami menyarankan untuk bisa melakukan perawatan lanjutan di faskes yang ada dan akan kami lakukan penjaminan biaya rawatan lanjutan korban-korban tersebut sampai maksimal batas penjaminan Rp 20 juta. Kami siap untuk melakukan penjaminan biaya rawatannya”, pungkas Gunawan.(*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed