by

Koordinasi Satgas Khusus Penanganan Covid-19 di Wilayah Perbatasan

Singkawang, Media Kalbar

Komandan Kodim 1202/Singkawang memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di wilayah perbatasan Kodim 1202/Skw bertempat di Ruang Rapat Makodim Jln. Alianyang Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat Kota Singkawang dan Kominfo Kab. Bengkayang secara Virtual, Sabtu (24/4/21).

Dandim 1202/Skw Letkol Inf Condro Edi Wibowo, S. Sos., M.Han dalam paparan nya menyampaikan berdasarkan SE Ka BNPB No. 8 Tahun 2021 tentang protokol kesehatan perjalanan internasional pada masa pandemi Covid-19 dan ditindaklanjuti Surat Kep Gubernur Kalbar No. 250/BPPD/2021 ttg Pembentukan Satgas Khusus Penanganan Covid-19 di perbatasan Provinsi Kalbar dengan penunjukan Pangdam XII/Tpr selaku Ka Satgas/Pangkogasgabpad, ditindak lanjuti untuk mencegah masuknya virus Covid-19 melalui perbatasan Kalbar khususnya melalui PLBN Aruk, Entikong, Badau dan PPLB Jagoi babang.

Munculnya beberapa Varian baru Covid-19 perlu menjadi perhatian bersama dimana kita harus mengantisipasi agar tdk masuk ke wilayah NKRI.

Sesuai dengan SE Ka BNPB bahwa setiap pelaku perjalanan internasional baik berstatus WNI dan WNA yanh akan memasuki wilayah Indonesia wajib mengikuti ketentuan yang berlaku dengan mentaati protokol kesehatan dan melaksanakan karantina 5 x 24 Jam dan diberlakukan wajib melaksanakan RT-PCR yanh disiapkan.

“Wilayah yg terdapat perbatasan dgn negara lain, perlu antisipasi melonjaknya TKI/PMI yang akan kembali ke Indonesia baik secara prosedural maupun non prosedural. Demikian pula wilayah yg berdekatan seperti Singkawang juga perlu mengantisipasi utk membantu pengkarantinaan lonjakan pelintas batas TKI/PMI,” terangnya.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut Dandim 1202/Skw menyampaikan penanganan Covid-19 bukan hanya tugas pemerintah dan TNI Polri sebagai Satgas, namun masyarakat juga harus bersama sama untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan 5M. ( Urai Rudi/ahmad )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed