by

Pemkab. Melawi Vidcon Dengan Kemendagri, Terkait Evaluasi Kinerja dan TPID Award 2021

Melawi, Mediakalbarnews.com -Kementrian Dalam Negeri melaksanakan vidcon (video conference) terkait strategi pengendalian inflasi, Kamis, (4/3/2021). Kegiatan tersebut diikuti oleh Plh. Asisten Ekonomi dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Kepala Bappeda, Kepala Diskumdag, Kepala Distanakan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala BPKAD, Kepala BPS, dan instansi kerja lainnya di Convention Hall, Kantor Bupati Melawi.

Dalam paparannya, Kepala Sekretariat TIPD, Dr. Iskandar Simorangkir, SE.MA, menyampaikan perkembangan ekonomi Indonesia saat ini.

Dalam paparannya, Iskandar menerangkan bahwa strategi pemulihan ekonomi Indonesia sudah on the right track.

Dia mengatakan bahwa hal  tersebut terlihat dari sisi permintaan. Selain itu pemulihan aktifitas produksi yang juga mendorong perbaikan sisi  supply.

Disampaikan juga dalam kesempatan tersebut  5 langkah strategis untuk menjaga inflasi 2021, yaitu pertama menjaga inflasi UF dalam kisaran 3,0% -5,0%, kedua memperkuat koordinasi pamerintah pusat dan daerah, ketiga memperkuat sinergi antar kermentrian/lembaga, keempat memperkuat ketahanan pangan dan antisipasi dampak banjir, kelima menjaga cadangan pangan pemerintah.

Selanjutnya, dalam vidcon tersebut juga disampaikan terkait evaluasi kinerja dan TPID Award 2021.

Berdasarkan data yang disampaikan  tingkat partisipasi TPID award dari tahun-ketahun secara grafik partisipasinya terus meningkat. Pada Tahun 2020 tingkat partisipasi TPID Award meningkat hingga 57%.

Pada kesempatan tersebut juga, salah satu hal penting yang disampaikan oleh para nara sumber terkait dengan TPID Award.

Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan tersebut  diikuti oleh peserta dari berbagai provinsi dan kabupaten kota yang ada di Indonesia.

Dari informasi yang disampaikan oleh nara sumber, pada tahun 2021 rencana pengumpulan dokumen akan dlakukan pada bulan maret dan bulan agustus akan dilaksanakan TPID Award 2021.

Dalam vidkon tersebut disampaikan berbagai persyaratan dan kriteria penilaian  TPID Award tersebut.

Ketika ditanya apakah Melawi mengikuti TPID Award tahun 2021, Kepala Dinas Perdagangan dan koperasi, Ramda Suhaimi menyampaikan bahwa hal tersebut menunggu rapat tim TPID kabupaten. Setelah Surat Keputusan Bupati di terbitkan, maka tim akan membicarakan program uggulan yang ada di Melawi.

Menurut Junneti, Kasubbag Perekonomian dan Pengembanga SD Bagian Ekonomi dan Pembangunan mengatakan bahwa surat keputusan bupati terkait TPID dibentuk setiap tahunnya.

Dalam SK TPID tahun 2020, tertera tugas dari Tim pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Melawi terdiri dari menjaga dan meningkatkan produktivitas, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi hasil pertanian khususnya komoditas bahan pangan pokok. Selain itu juga mendorong pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang mendukung kelancaran produksi dan distribusi hasil pertanian khususnya komoditas bahan pokok.

Sumber : Humas Pemkab Melawi

Publis : Bagus Afrizal

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed