by

Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Sambas: Acuan kita dalam bernegara adalah Pancasila

Sambas,Media Kalbar

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni tahun 2021 di laksanakan secara virtual meeting oleh Pemerintah Kabupaten Sambas dengan menggelar upacara virtual di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa, 1 juni 2021

Presiden RI Ir. Joko Widodo yang menjadi inspektur Upacara pada saat virtual meeting, Hadir pada peringatan itu, Bupati Sambas, Sekda Kab Sambas, Dandim 1208 Sambas, Kapolres Sambas, Ketua PN Sambas, Perwakilan Ketua DPRD Kab Sambas dan beberapa perwakilan Kepala OPD.

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc., MH., mengajak momentum Hari Lahir Pancasila untuk mengingat dan mengajak semua kembali kepada Dasar Negara kita dalam Bernegara yakni Pancasila.

“Acuan kita dalam bernegara adalah Pancasila, mari kita jaga hubungan kita
implementasikan nilai-nilai sila pada Pancasila,” ujar Bupati.

Dikatakan oleh Bupati, “untuk sila pertama, Bupati mengajak menjaga hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Menurut Bupati, implementasi sila pertama dalam rangka menata moralitas bangsa yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa. Menjaga hubungan baik dengan Tuhan kita, agar kita punya moralitas yang baik dengan Tuhan kita,” jelasnya

Sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab, lanjut Bupati mengajarkan agar kita menghadirkan sifat kemanusiaan, agar kita mengedepankan nilai-nilai adat dan etika yang baik. Sila Persatuan Indonesia jelas Bupati, untuk menjaga persatuan.

“Sebagai anak bangsa untuk terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan, memupuk rasa kebersamaan dan kecintaan terhadap NKRI,” ujar Bupati.

Bupati juga mengajak agar mengutamakan musyawarah mufakat, gotong royong dan berupaya untuk menyebar sifat rasa keadilan ditengah-tengah masyarakat. Lanjut Bupati, jika semangat pancasila ini dijaga dengan baik, menghadirkan sikap saling cinta mencintai dan hormat menghormati.

“Akan hadir rasa dan sikap toleransi dan apa yang menjadi cita-cita negara kita, dan mengingatkan bangsa kita agar senantiasa menjadikan pancasila sebagai dasar negara dan perilaku kita di negara tercinta,” jelas nya
( Pemda sambas/Urai Rudi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed