by

Petani Berharap Peningkatan dan Pemerataan Pembangunan Sarana dan Prasarana Pertanian

Kubu Raya, Media Kalbar

Abdul Latif warga RT.31 Jalan Beringin Desa Punggur Besar.salah satu Anggota Kelompok tani yang ada Di Desa Punggur Besar berharap Pemerintah Kabupaten Kubu Raya membantu peningkatan pembangunan perbaikan sarana dan prasarana pertanian.Melalui instansi terkait dilakukan penanganan sarana dan prasarana pertanian secara merata di semua kelompoktani di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

“Untuk itu,kami mengharapkan untuk masalah pembangunan sarana dan prasarana pertanian ini, khususnya di semua kelompok Tani yang ada di Punggur Besar supaya lebih merata. Mengingat, hamparan lahan pertanian padi di Desa Punggur Besar sangat luas,” kata Abdul Latif kepada sejumlah wartawan di Lokasi Lahan Pertanian Sabtu Tanggal 5 Bulan juni 2021 Pagi.

“Kami memohon bantuan kepada instansi terkait,untuk membantu membangun atau perbaikan sarana dan prasarana pertanian di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap,” imbuhnya.

Ia juga mengaku bersyukur di sejumlah titik sudah dilaksanakan pembangunan sarana dan prasarana pertanian oleh pemerintah untuk menunjang kegiatan di bidang pertanian. Dimana, katanya, pembangunan sarana dan prasarana pertanian itu sangat bermanfaat bagi para petani untuk menggarap lahan pertanian di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap.

“Apalagi disaat memasuki musim Penghujan,perbaikan maupun pembangunan sarana dan prasarana pertanian sangat menunjang.Semoga kedepannya, pembangunan-pembangunan di bidang pertanian di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap lebih meningkat.Dengan harapan produktifitas pertanian terus meningkat,” harapdia.

“Untuk itu,ia berharap kepada Pemkab Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI untuk meningkatkan pembangunan di bidang pertanian di Kabupaten Kubu Raya, khususnya di Desa Punggur Besar pada Umumnya di Kecamatan Sungai Kakap.Supaya pertanian di Kecamatan sungai Kakap lebih maju.”Ucapnya.

Untuk diketahui,lanjut dia, masyarakat Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap sebagian besar merupakan buruh dan petani. “Untuk itu,kami mohon kepada Pemerintah daerah untuk memperhatikan para petani di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap,” ujarnya.

Terpisah Anwar M.Nur Kepala Desa Punggur Besar saat di Konfirmasi terkait Program Pembangunan yang ada saat ini dia menjelaskan.
Untuk pelaksanaan pembangunan yang ada yang kita rasakan selama ini khusus nya di Desa Punggur Besar Alhamdulillah sudah berjalan cukup baik sesuai dengan proses proses yang ada,”Katanya.

“Dan tentunya juga berkelanjutan seperti pelaksanaan pembangunan jalan jembatan dan lain sebagainya dan ada satu lagi yang juga tidak kalah pentingnya yang mungkin agak sedikit kita lupakan yaitu terkait masalah pemberdayaan terhadap masyarakat yang ada.
Yang ini sangat penting sekali dalam rangka peningkatan pendapatan hasil masyarakat perekonomian masyarakat seperti Pertanian,”Ucapnya.

“Jadi kata Anwar masyarakat dalam hal ini tentunya sangat membutuhkan beberapa hal pembangunan terkait pelaksanaan tentunya untuk mereka dapat melaksanakan kegiatannya sehingga hasil yang di dapatkannya ini bisa memuaskan mereka perlu aliran sungai yang cukup dan memadai,”Tandasnya.

“Mereka perlu.puntu air, jalan jalan menuju area pertanian bantuan bantuan pertanian yang memang sangat mereka butuhkan karna kalo kita lihat masyarakat masih menggunakan pola lama pola tradisional dalam melaksanakan kegiatan tanaman padi dan segala macamnya.

“Dan sesuai perkembangan jaman nya tentunya di era era sekarang ini kita juga membutuhkan beberapa peralatan yang memang untuk mendukung kegiatan pertanian di masyarakat tentu sesuai dengan perkembangan beberapa mesin yang mungkin mereka butuhkan sehingga dengan dukungan dari pihak pemerintah ini kita harapkan pendapatan masyarakat ini dapat meningkat.

“Kalo kemaren mereka mungkin berladang padi satu hertar mungkin bisa mendapatkan 1-2 ton harapan kita dengan bantuan yang mungkin sasarannya memang tepat ini bisa meningkatkan penghasilan masyarakat yang menjadi 3-4 ton itu yang kita harapkan dari pemerintah juga tentunya juga ini membutuhkan biaya yang cukup besar jadi yang kita harapkan beberapa hal untuk pelaksanaan kegiatan yang ada di masyarakat.”Pungkasnya.(Tim.Mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed