by

PETI Di Lembah Bawang Jadi Atensi Polres Dan Pemkab Bengkayang

Bengkayang, Media Kalbar

Pembahasan terkait upaya penanganan dan pencegahan PETI di fokuskan di Wilayah Kecamatan Lembah Bawang.

Maraknya aktifitas PETI di Kabupaten Bengkayang akhir-akhir ini masih menjadi atensi serius Kepolisian dan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, sehingga dilakukan pertemuan tertutup Pemkab dan Unsur Forkopimda, dimana penanganan dan pencegahan PETI dilakukan sinergitas di fokuskan di wilayah Kecamatan Lembah Bawang.

Kepolisian Resor bersama Pemerintah Kabupaten Bengkayang kembali membahas upaya pencegahan dan penanganan adanya aktifitas Penambang Emas Tampa Ijin atau PETI di Mapolres Bengkayang Selasa (20/4/21).

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis mengatakan,” Masalah Peti di Kecamatan Lembah Bawang menjadi sorotan serius menindaklanjuti adanya Laporan Masyarakat langsung Ke Polri.”

Menurut SDR, Penanganan Peti harus lebih serius dan didukung seluruh unsur Forkopimda termasuk Polri dan TNI.

Aktifitas Peti, telah merusak biota alam, merusak lingkungan, merusak sungai dan lahan, dan tidak menutup kemungkinan akan memicu bencana kedepan, sehingga harus di cegah dan hentikan.

“Tidak ada lagi alasan isi perut, sebab para pelaku menggunakan alat berat, bukan orang susah akan tetapi orang berduit yang mengatas namakan orang susah, coba pikirkan menambang emas dengan alat berat, berapa biaya yang keluar, apakah uang kecil atau besar,”Ucapnya bertanya.

Sementara itu Kapolres Bengkayang AKBP Natalia Budi Darma,SIK, MH menegaskan,” Masalah Peti di Kecamatan Lembah Bawang sedikit berbeda, dimana para pelakunya bukan warga Kalbar, khususnya di Kabupaten Bengkayang.

Menurut Darma, aktifitas Peti di Kecamatan Lembah Bawang dilakukan pekerja dengan cara berbeda, namun di pastikannya dalam penanganan tetap mengedepankan cara preventif dan persuasif.

Iapun berharap, penanggulangan dan penanganan Peti dapat didukung oleh semua pihak karena masalah Peti adalah tanggung jawab bersama bukan hanya Kepolisian saja,” pungkasnya.

Hadir dalam rapat penanganan dan pencegahan kali ini Pemerintah Kabupaten Bengkayang bersama DPRD, Kejaksaan, Pengadilan, Polri dan TNI.(kur/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed