by

PTPN XIII Belum Sehat, Masih Berupaya Penyelesaian Utangnya

Pontianak, Media kalbar

PTPN XIII yang bergerak di bidang usaha perkebunan Kelapa Sawit di Kalimantan Barat masih belum sehat, masih banyak hutang kepada perbankan. Namun
sudah di operasikan kepada PTPN III dan IV terutama houlding. “Saat ini PTPN XIII untuk operasional berdiri sendiri. Artinya berupaya mencari pendapatan dari hasil yang ada di kebun walaupun kondisinya belum baik.” Demikian dikatakan Ahmad Ridwan Kepala Sekretariat Kantor PTPN XIII kepada sejumlah awak media di kantornya, Kamis (18/3/21)
Lanjutnya, Tapi kami berusaha apalagi ditambah dengan harga saat ini cukup bagus bisa membantu PTPN XIII untuk bisa membayar gaji karyawan. “Untuk hal-hal lain di cicil seperti THT, pensiun dan hak hak yang lain.” ujarnya.

Diharapkan kalau PTPN XIII bisa melakukan peremajaan tanamannya 4 atau 5 tahun kedepan dengan harga yang saat ini, “saya rasa bisa menutupi. Karena kondisi keuangan sangat terbatas. Sehingga kolporet planting tidak bisa menggunakan biaya karena cukup besar. “ungkapnya.

Dikatakannya, kami masih berusaha apa yang ada kita lakukan dengan tenaga sendiri. Menurut Arahan Pak Direktur yang baru, Ir. Rizal H. Damanik tanaman yang sudah tua dirawat dengan harapan dari hasil 7 akan menjadi hasil 12. Masih ada potensi terhadap tanaman tua tersebut walaupun susah untuk meraih hasilnya, “tapi diupayakan sebaik mungkin sehingga hasil bisa diraih, walaupun dengan kondisi dilapangan belum terawat seluruhnya. Kesulitan mengambilnya pun malas rugi kata pemberongnya “pungkasnya mengakhiri.(Sur/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed