by

Aksi Luar Biasa Rajili Panjat Tiang Bendera Dapat Penghargaan Dari Bupati Sambas

Sambas, Media Kalbar

Rajili, siswa kelas XII jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 1 Semparuk, Kabupaten Sambas, yang memanjat tiang bendera saat upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Kantor Camat Semparuk diundang Bupati Sambas di Malam Kenegaraan, Rabu (17/8/2022).

Bupati Sambas, Satono mengatakan salut dengan keberanian Rajili saat memanjat tiang bendera tersebut. Dia akan memberikan penghargaan kepada Rajili, dan turut mengundang kedua orang tuanya untuk hadir saat acara Malam Kenegaraan di Sambas.

Foto: Rajili saat memanjat tiang bendera untuk selamatkan tali bendera. (Dok mk)

“Dari video-video yang saya lihat dan laporan Camat Semparuk, aksi yang dilakukan Rajili ini sangat heroik sekali. Tidak semua orang berani memanjat tiang tersebut namun dia nekat sekali. Berkat keberaniannya tersebut, upacara bendera berjalan lancar sampai selesai,” katanya.

Bupati Satono bersyukur, upacara bendera peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Kantor Camat Semparuk berjalan lancar. Dia berharap, momen upacara tersebut menjadi sejarah baru bagi masyarakat karena aksi heroik seorang siswa SMK Negeri 1 Semparuk tersebut viral di mana-mana.

“Saya ingin berterimakasih dan mengucapkan selamat kepada Camat Semparuk, Bapak Slamet Riyadi yang telah berhasil menyelenggarakan upacara bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di sana, terimakasih juga kepada TNI Polri, dan terimakasih juga kepada Kepala SMK Negeri 1 Semparuk yang telah menitipkan siswanya untuk berpartisipasi,” kata Bupati Satono.

Sebelumnya, momen upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Camat Semparuk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, diwarnai aksi heroik seorang siswa memanjat tiang bendera.

Dia adalah Rajili, anak pasangan Usman dan Rusmini, warga Dusun Sepinggan Besar, Desa Sepinggan, Kecamatan Semparuk, yang juga siswa kelas XII SMK Negeri 1 Semparuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

“Saat upacara HUT Ke-77 RI di halaman Kantor Camat Semparuk, salah satu tali di ujung tiang bendera terlepas dari kaitnya. Sementara Bendera Merah Putih masih ditangan pengibar, Rajili kemudian memanjat tiang bendera dan membetulkan tali yang terlepas sehingga upacara bendera bisa dilanjutkan,” kata Camat Tebas, Slamet Riyadi.

Slamet Riyadi mengapresiasi keberanian Rajili yang nekat memanjat tiang bendera tersebut. Ladahal tiang itu tingginya sekitar 10 meter dan tidak semua orang berani memanjatnya.

“Apa yang dilakukan Rajili adalah aksi heroik, dengan keberaniannya akhirnya upacara bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Camat Semparuk berjalan lancar,” katanya. (Urai Rudi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed