by

Bahaya dan Dampak akibat Pencemaran Minyak CPO Di Sungai Bagi Kesehatan Masyarakat

Sambas, media kalbar

Bahayanya Dampaknya bagi kulit manusia jika air sunga tercemar Minyak CPO, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kabupaten Sambas Dr. Ganjar Eko Prabowo, MM menanggapi dari segi kesehatan terhadap dampaknya persoalan dugaan kasus tumpahan 150 ton Minyak CPO di Sungai Sambas sehingga berpotensi mengalir ke Daerah aliran sungai-sungai lainnya dan saat ini yang terdampak tercemarnya minyak crude palm oil (CPO) tersebut terdampak di kawasan Sungai di kabupaten Sambas di karnakan masyarakat kabupaten Sambas masih ketergantungannya dengan Air Sungai.

“Dampaknya asal air yang tercemar tidak untuk konsumsi masih tidak apa-apa alias aman tetapi kalo di sungai yang tercemar tersebut untuk aktivitas manusia seperti mandi sangat berbahaya bagi kulit kita, dampak yang dekat adalah air sungai yang tercemar dapat menimbulkan alergi,iritasi,gatal,infeksi kulit sedangkan dampak jauhnya bisa terjadi kanker kulit. Jadi memang sebaiknya hindari semua aktifitas kita di sungai yang tercemar karena bisa mengancam kesehatan kita.” tegas Ketua IDI Kabupaten Sambas Dr. Ganjar Eko Prabowo, MM ( jumat,23/4/21)

Dr. Ganjar Eko Prabowo, MM, mengharapkan kepada masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya dampak kesehatan bagi masyarakat kabupaten sambas untuk menghindari aktifitas dan pemakaian air sungai yang tercemar CPO.

“Harapannya hindari aktivitas dan pemakaian air di sungai yang tercemar CPO,agar terhindar dari ancaman kesehatan akibat potensi merusak kesehatan dari sungai yang tercemar,sampai benar benar sungai tersebut aman untuk digunakan.”terang ketua IDI kabupaten Sambas
(Urai Rudi/Ahmad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed