by

Direktur Perumdam Tirta Bengkayang Apresiasi Langkah Cepat Polres dan Tim Terpadu

Bengkayang, Media Kalbar

Dugaan adanya aktivitas Penambangan Tanpa Izin atau Peti yang menyebabkan air di hulu sumber intake dan IPA Madi keruh direspon cepat oleh tim terpadu dan jajaran Kepolisian resor Bengkayang

Berkat langkah cepat tim Terpadu penanganan Peti di hulu intake Madi kondisi sumber air Perumdam Tirta Bengkayang kembali bersih, jernih dan aman.

Wardi Direktur Perumdam Tirta Bengkayang Selasa (7/5/2024) kepada wartawan menyampaikan banyak terima kasih kepada Kepolisian Resor Bengkayang dan Tim Terpadu yang telah bekerja cepat dan responsif sehingga kondisi air aman terkendali.

“Kami sangat berharap kondisi ini terus dipertahankan dan kita jaga bersama demi Kesehatan, keselamatan pelanggan dan masyarakat yang menikmati air tersebut,” jelas Mantan Ketua KNPI Bengkyang ini

Ia menambahkan, jika hulu sumber air intake dan IPA Madi terganggu, tercemar keruh dan kotor banyak dampak yang akan timbul baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“Jangka pendek jelas akan mengganggu aktivitas keluarga, dunia usaha dan kehidupan masyarakat kota Bengkayang dan Kecamatan Lumar yang menikmati air sumber Madi tersebut karena perlu waktu 2 sampai 3 hari bagi karyawan untuk menormalkan aliran air agar segera sampai ke pelanggan,” rincinya.

Bahkan kendala lain untuk zona ujung dan topografi tinggi bisa dalam satu minggu baru bisa mengalir ke pelanggan.

“Sedangkan untuk jangka panjang tentunya kita harus menjaga konsumen agar terhindar dari dampak yang ditimbulkan oleh aktivitas peti dan akan menguji dan mengecek kembali dengan tim ahli apakah air masih layak di konsumsi atau ada hal lain yang harus dilakukan agar air benar-benar aman untuk di konsumsi, akibatnya kita semua yang menikmati air tersebut agar rugi.” Jelasnya.

Belum lagi bahaya yang di timbulkan akibat dari aktivitas peti yang dilakukan oleh oknum-oknum yang menambang di hulu air sumber intake dan IPA Madi tersebut seperti mercuri dan logam lainnya.

“Oleh karena itu kami sangat berharap agar segera hentikan kegiatan Peti dihulu intake Madi demi kesehatan dan Keselamatan Kita bersama.,” pintanya.

Jangan lupa selalu jaga sumber air kita, siapkan selalu tempat penampungan air,
bayar air tepat waktu, jika ada gangguan air agar segera menghubungi Perumdam Tirta Bengkayang baik di kantor pusat, maupun di unit dan websitte yang tersedia. (Kur/mk)