by

Donor Darah Peringati HBP Ke 59, Wujud Kepedulian Kemenkumham Kalbar

Pontianak, Media Kalbar

Wujud kepedulian terhadap sesama, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Barat melalui Divisi Pemasyarakatan, melaksanakan Donor Darah bertempat di Kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pontianak, Jl. Abdul Rahman Saleh No.37, Selasa (14/03).
Dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa, kegiatan Donor Darah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke 59 Tahun 2023. Dalam sambutannya, Pria Wibawa mengingatkan kepada jajaran untuk selalu peduli terhadap lingkungan sekitar.
“Semoga dengan kegiatan ini mampu menyosialisasikan pentingnya donor darah, serta meningkatkan kepedulian sosial untuk berbagi, khususnya bagi seluruh insan Pemasyarakatan dan ASN Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kalimantan Barat pada umumnya,” ujar Pria Wibawa.
Dirinya juga berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan, jangan hanya dijadikan seremonial belaka. Sebab setiap tetes darah kita bsia menjadi sangat berarti bagi orang lain.
Pria juga memberikan apresiasi atas kolaborasi dan sinergitas dari seluruh keluarga besar Kemenkumham Kalbar, terutama keluarga besar Pemasyarkatan baik Petugas Pemasyarakatan, Paguyuban Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) dan keluarga dalam mewujudkan rasa bersyukur dengan sukarela menyumbangkan darahnya bagi sesama.
“Terima kasih kepada seluruh Panitia Penyelenggara dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak yang telah bekerja bersama-sama untuk terselengaranya kegiatan hari ini,” ucap mantan Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi ini.
Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan Ika Yusanti menyampaikan, kegiatan donor darah ini diikuti oleh pegawai yang ada dilingkungan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat.
25 kantong darah berhasil dikumpulkan dan disumbangkan ke PMI Kota Pontianak. Sebagian besar peserta tidak memenuhi syarat karena tekanan darah rendah, belum lewat dari dua bulan dari donor terakhir dan beberapa dengan kadar Hemoglobin (Hb) rendah dan tinggi.
“Ada 45 pendonor yang mendaftar dalam kegiatan ini, akan tetapi hanya 25 orang yang dapat melakukan donor. Namun hal ini tidak menyulutkan niat insan pengayoman untuk terus berpartisipasi dalam aksi sosial seperti ini. Alhamdulillah terkumpul 25 kantong darah, semoga dapat bermanfaat nantinya,” tutur Ika.
Ika menambahkan dalam rangkaian HBP ke 59 tahun 2023 ini, selain Donor Darah ada juga rangkaian kegiatan lainnya, seperti Pekan Olahraga Narapidana, Penilaian UPT Pemasyarakatan Terbaik, Lomba Film Pendek, Pelayanan Kesehatan Pemasyarakatan proaktif, one day prison’s product dan lain sebagainya.
Turut hadir dalam kegiatan donor darah ini, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kota Pontianak dan sekitarnya.(*/amd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed