by

Ekspor Komoditas Pertanian Dari Kalbar Berusaha Ditingkatkan Menjadi Tiga Kali Lipat

Pontianak, Media Kalbar

Ekspor Komoditas Pertanian dari Kalbar Berusaha untuk ditingkatkan menjadi tiga kali lipat dari tahun 2020 yang nilai ekspor komoditas pertanian mencapai Rp. 3,6 T, sehingga Kalbar meraih peringkat 4 Ekspor nasional untuk komoditas pertanian.

PJ. Sekda Kalbar, Samuel menyampaikan bahwa Provinsi Kalbar pada bulan september 2021 mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden RI, “penghargaan yang cukup bergengsi yaitu peringkat 4 Kategori nilai peningkatan ekspor komoditas pertanian. ini mesti dipertahankan dan ditingkatkan dengan berbagai upaya dilakukan.” ungkap Samuel saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan Bimtek Akselerasi Ekspor Komoditas Pertanian Kepada Petani dan Calon Eksportir Milenial dalam rangka pencapaian Gerakan Tiga Kali lipat Ekspor ( Gratieks) di Kalbar, Jumat (26/11/21).

Dipaparkan, Nilai Ekspor Komoditas Pertanian mencapai Rp. 3,6 T tahun 2020, tahun 2021 dari Januari-Juli Rp. 4,9 T, ini berarti kinerja ekspor selam 2021 mengalami peningkatan 2x lipat (243%).
Keberhasilan peningkatan ekspor tidak akan terlepas dari jaminan kualitas, kuantitas, kontinuitas komoditas pertanian. hal ini perlu kerjasama yang solid.
Berbagai komoditas ekspor pertanian Kalbar yang keberbagai negara tujuan antara lain, karet, kelapa sawit dan turunannya, kelapa dalam dan turunannya, lada, durian, pinang, sarang burung walet, tanaman hias, tepung tapioka, lidi nipah dan berbagai komoditas lainnya.

Sebelumnya Kepala Balai Karantina Pertanian Klas 1 Pontianak menyampaikan, bahwa bagaimana meningkatkan volume ekspor pertanian kita, bagaimana meningkatkan akselerasi ekspor komoditas pertanian.

“kegiatan bimtek ini kita bertujuan itu terkait bagaimana memberikan pengetahuan pada eksportir dan calan eksportir tentang Ekspor Komoditas Pertanian agar tau persyaratan ekspor pada negara tujuan.” Ungkapnya.

Disampaikan juga potensi pertanian di Kalbar sangat potensial, tahun 2020 nilai ekspor komoditas pertanian 3,6 T, tahun 2021 dari Bulan Januari sampai oktober sudah mencapai 5,3 T.

Maria Lestari Anggota Komisi 4 DPR RI saat hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan, pihaknya mendukung dan mendorong agar ekspor komoditas pertanian terus meningkat dari daerah Kalbar. (amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed