by

Halal Bihalal IKBM Kalbar Menjadi Pemersatu Setelah Pemilu 2024

Pontianak, Media Kalbar

Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalimantan Barat menggelar halal bihalal dalam suasana bulan Syawal (Idul Fitri) 1445 H di Qubu Resort Kubu Raya, Kamis (9/5/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sejumlah tokoh penting di Kalangan Masyarakat Madura Kalbar, diantaranya Sujiwo (Mantan Wakil Bupati Kubu Raya), Bahasan (Mantan Wakil Walikota Pontianak), Ketua IKBM Kalbar H. Sukiryanto (Anggota DPD RI), Anggota DPRD Kalbar, H. Irsan, H. Suib, Rektor IAIN Pontianak yang Juga Ketua PWNU Kalbar Prof. DR. Syarif, Paryadi, Ulama antaranya Habib Thoha Aljufri, Abddus Syukur, Sejumlah Anggota DPRD dan tokoh agama, tokoh masyarakat Madura yang ada di Kalbar.

Sujiwo yang dalam kesempatan tersebut mendapat kehormatan dari IKBM mengungkapkan kepada Wartawan bahwa sangat mengapresiasi pelaksanaan Halal Bihalal yang dilaksanakan oleh IKBM akan menjadi pemersatu setelah perhelatan Politik pada Pemilu 2024.

“Perbedaan-Perbedaan pandangan Politik pada Pemilu kemarin dikemas dalam Halal Bihalal ini saling memaafkan. Diprakarsai IKBM kali ini bisa meninggalkan perbedaan-perbedaan tersebut untuk bersatu lagi membangun Bangsa.” Kata Sujiwo.

Sementara terkait Pilkada dan kemungkinan ada calon yang muncul dari kalangan IKBM, Sujiwo menyampaikan bahwa Pilkada sambil berjalan.

Ketua Umum IKBM, H. Sukiryanto menyampaikan bahwa dengan halal bihalal tersebut perbedaan selama Pemilu 2024 bisa bersatu lagi. “Harapan kita bisa bersatu lagi, tidak ada lagi dipecah-pecah Politik.” Ujarnya.

Sementara dalam Pilkada mendatang Sukiryanto berharap IKBM bisa kompak, bersatu agar ada Kalangan IKBM menjadi Kepala Daerah.

Sebelumnya Prof. Dr. Syarif, MA., saat menyampaikan tausiyah mengingat agar masyarakat madura bisa menjaga adab dan tetap berpegang pada pandangan di mana langit di jujung, di situ bumi di pijak. Tetap menghormati perbedaan adat budaya yang ada di Kalimantan Barat. Rektor IAIN Pontianak ini juga memandang bahwa IKBM benar-benar menjadi pemersatu masyarakat Madura.

Dalam Pilkada 2024 ada beberapa tokoh IKBM yang akan maju menjadi Kandidat Calon kepala daerah, baik Gubernur/Wakil Gubernur, Walikota/Wakil Walikota dan Bupati/Wakil Bupati.  Nama yang Muncul antaranya Ketua Umum IKBM Kalbar H. Sukiryanto, H. Irsan, H. Suib, H. Bahasan, H. Fauzi, H. Fahri dan beberapa nama lainnya. (Amad)