by

Kerusakan Pintu Klep: Teriakan 120 KK di Dusun Merpati yang Terlupakan oleh Pemerintah

Kubu Raya, Media Kalbar

Sebanyak 120 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Merpati, Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, telah menjadi korban dampak serius dari kerusakan pintu klep yang menghambat aktivitas pertanian dan mata pencaharian warga.

Menurut Husni Bujang, Ketua RT. 04/RW.06 Dusun Merpati,Kepada Sejumlah awak Media Selasa(30/4/2024)dia mengatakan kerusakan pintu air tersebut telah mengganggu kegiatan pertanian dan mata pencaharian warga selama enam tahun terakhir.Dengan jumlah 120 KK di RT 04, termasuk petani dan nelayan, warga mengharapkan perbaikan segera tanpa menunggu alasan dana cukup.”Katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa kerusakan pintu klep telah menyebabkan penurunan pendapatan petani dan nelayan serta merusak infrastruktur pembangunan seperti turap jalan yang sudah dibangun oleh pemerintah setempat.”Terangnya.

Herman,salah seorang warga RT. 04 RW.6, mengungkapkan bahwa jebolnya pintu klep telah menyebabkan banjir merendam rumah warga saat air pasang dan hujan deras. Masyarakat meminta perhatian dari pemerintah dan instansi terkait untuk menyelesaikan masalah ini dengan memperbaiki pintu klep.”Pintanya.

Solusi yang dianggap tepat adalah dengan melakukan pemugaran pintu klep, mengingat biaya yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan kerugian yang ditimbulkan oleh banjir jika tidak ditangani dengan cepat.”Tegasnya.

Dengan mempertimbangkan ketinggian tanggul dan penyesuaian pintu klep, diharapkan masalah ini dapat diselesaikan dengan efisien tanpa perlu mengulang konstruksi tanggul yang sudah ada.”Pungkasnya(Mk/Ismail)