by

Masa Kepemimpinan Edy Suhita Berakhir, MPC Pemuda Pancasila Kapuas Hulu Gelar Muscab ke V

Putussibau, Media Kalbar

Berakhirnya masa kepengurusan MPC Pemuda Pancasila masa Bhakti 2019 – 2023 . Berdasarkan AD/ART maka perlu dilaksanakan Musyawarah Cabang untuk memilih Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kapuas Hulu masa Bhakti 2023 – 2027.

Sesuai AD/ ART, pengurus maupun kader MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kapuas Hulu diberikan hak serta kesempatan untuk mencalonkan sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten. Kapuas Hulu
Adapun tema yang diangkat dalam pada Muscab ke V MPC Pemuda Pancasila Kapuas Hulu adakah “Kader Pemuda Pancasila siap tampil terdepan dalam mempertahankan NKRI dan UUD 1945”.

Sedangkan slogan atau motto yakni “Sekali layar berkembang, surut kita berpantang”

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kapuas periode 2019-2023, Edy Suhita Alias Akok, mengatakan bahwa peran Pemuda Pancasila di Kabupaten Kapuas Hulu dalam menjalankan tugas dan fungsinya butuh dukungan dari berbagai pihak.

“Semoga Muscab V ini dapat menjadi momen regenerasi kepemimpinan di MPC PP Kabupaten Kapuas Hulu, untuk merubah gerakan Pemuda Pancasila agar lebih berdikari secara politik, ekonomi, sosial dan budaya,” terang Edy Suhita, yang disapa Akok

Sementara itu, Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Kalimantan Barat, Arbiansyah, yang membuka kegiatan tersebut, menegaskan bahwa Muscab MPC PP wajib digelar empat tahun sekali.

“Muscab MPC PP ini wajib dilaksanakan setiap empat tahun sekali,agar dapat menghasilkan program yang semakin baik, baik terhadap perekonomian tiap anggota dan juga sampai pada tingkat ranting hingga anak ranting serta demi kepentingan masyarakat luas,” katanya.

Menurut Abriansyah, secara politik, Pemuda Pancasila dalam menyambut Pemilu 2024 akan turut mensukseskan dan akan membantu pihak aparat keamanan, agar Pemilu berjalan aman dan lancar.

“Tujuan kita yaitu Pemuda Pancasila ini bermartabat dan bermanfaat bagi masyarakat sehingga stigma negatif pun tidak ada lagi terhadap Pemuda Pancasila,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, yang diwakili Asisten 1 Ekbang Pemda Kapuas Hulu, Triwati, mengucapkan selamat kepada MPC PP Kabupaten Kapuas Hulu karena telah menggelar Muscab.

“Ini merupakan forum strategis untuk melakukan evaluasi agar organisasi bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Ia berharap kepada pengurus yang terpilih nantinya, agar dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan juga berharap menjadi organisasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya harap Pemuda Pancasila ini dapat mendukung program-program strategis Pemerintah Daerah kabupaten Kapuas Hulu, di mana Pemuda Pancasila juga harus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan kemanfaatan, mampu menjaga masyarakat dari pihak-pihak yang ingin memperkeruh keadaan, serta mampu menjaga ideologi Pancasila dari rongrongan tindakan intervensi ideologis transnasional,” pungkasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Kalimantan Barat, Abriansyah, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kapuas Hulu periode 2019-2023, Edy Suhita, Ketua Pengadilan Negeri Putussibau, Dandim 1206/Putussibau, Wakapolres Kapuas Hulu, Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Asisten 1 Ekbang Pemda Kapuas Hulu, Camat dan Kapolsek Putussibau Utara, sejumlah pengurus PAC Pemuda Pancasila di 23 Kecamatan se Kabupaten Kapuas Hulu dan beberapa Ormas lainnya.( Icg )