by

Pedang Pora dan Cium Pataka Warnai Pelepasan Brigjen TNI Djaka Budhi Utama

Kubu Raya, Media Kalbar

Tradisi Pedang Pora dan penciuman Pataka Kodam XII/Tpr Carathana Jitavina warnai pelepasan Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., yang telah mengakhiri jabatannya sebagai Kasdam XII/Tpr. Acara tradisi pelepasan dipimpin Pangdam XII/Tpr di Makodam XII/Tpr.

Hal ini disampaikan Kapendam XII/Tpr, Letkol Inf Hendra Purwanasari, S.Sos., melalui keterangan tertulis di Sungai Raya, Kubu Raya, Sabtu (21/8/21)

Kapendam XII/Tpr mengungkapkan, acara pelepasan diawali dengan penciuman Pataka Kodam XII/Tpr oleh Brigjen TNI Djaka Budhi Utama di Aula Sudirman Makodam XII/Tpr. Dilanjutkan dengan pengalungan syal oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad di koridor Makodam. Kemudian dilanjutkan dengan melewati barisan Pedang Pora.

“Brigjen TNI Djaka Budhi Utama didampingi Ny. Dewi Djaka Budhi Utama secara perlahan melewati pagar barisan Perwira Pedang Pora sekaligus melalui prajurit, PNS dan Persit Kodam XII/Tpr. Dilanjutkan dengan menerima hormat jajar dari Regu Jaga Makodam XII/Tpr,” ungkapnya.

Kapendam XII/Tpr, Letkol Inf Hendra Purwanasari, S.Sos., menjelaskan, tradisi pelepasan merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan yang diberikan oleh satuan kepada pejabat yang pernah menjabat di Kodam XII/Tpr.

“Hal ini memiliki makna, bahwa dimanapun pejabat tersebut nantinya melaksanakan tugas, akan selalu menjadi bagian dari Keluarga Besar Kodam XII/Tpr. Mereka akan tetap dikenang sebagai Prajurit Tanjungpura,” jelas Letkol Inf Hendra Purwanasari. (Pd XII/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed