by

Perayaan Ekaristi Umat Katolik di Lingkungan TNI Polri Pontianak

PONTIANAK, Media Kalbar

Uskup Umat Katolik Monsigneur Ignatius Kardinal Suharyo didampingi Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus memimpin Perayaan Ekaristi Umat Katolik di lingkungan TNI Polri (Ordinariatus Castrensis Indonesia/OCI) di Pontianak.

Perayaan ekaristi yang diikuti 78 anggota TNI AD beserta keluarga, 102 anggota Polda Kalbar beserta keluarga, 24 anggota Pangkalan TNI AU Supadio beserta keluarga, dan 2 anggota Lantamal XII Pontianak beserta keluarga, berlangsung Selasa (14/3).

Dalam keterangan pers yang diterima kantor pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Jakarta, Kamis, 16 Maret 2023 disebutkan, dalam kotbahnya, Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo selaku konselebran utama menyampaikan tentang panggilan hidup Kristiani menuju kesempurnaan hidup.

Salah satu bentuknya adalah menghidupi rasa cinta akan tanah air, dan berjuang terus untuk melanjutkan warisan iman yang telah ditorehkan oleh pahlawan nasional Katolik dari Angkatan Darat, Ignatius Slamet Riyadi;  Angkatan Laut, Yos Sudarso;  Angkatan Udara, Agustinus Adisutjipto; dan Kepolisian RI, Karel Satsui Tubun.

“Ketiga pahlawan nasional dan 1 pahlawan revolusi ini melengkapi 2 pahlawan nasional dari rohaniwan Katolik, Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ dan awam Katolik, Ignatius Joseph Kasimo,” jelas Kardinal Suharyo.

Ditambahkannya, kekuatan pemberian hidup jiwa raga bagi kedaulatan dan keselamatan bangsa dan negara ini menjadi teladan sekaligus menjadikan umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri siap mengabdi dan berbakti untuk bangsa dan negara.

Sementara, dalam taklimat sebelum diakhirinya Perayaan Ekaristi, Rm. Yos Bintoro Pr selaku Wakil Uskup OCI mengharapkan peran serta umat Katolik TNI dan Polri menghidupi paguyuban beriman dalam wadah pelayanan OCI yang ikut mendukung rawat rohani, bimbingan dan pembinaan mental rohani Katolik di lingkungan TNI dan Polri Pontianak.

“Agar setiap personel TNI dan Polri dapat melaksanakan tugas yang baik dengan berpedoman pada kekuatan bimbingan Tuhan, makin cinta tanah air dan semakin melaksanakan tugas pokok  fungsi dengan mengedepankan semangat belarasa dan jiwa korsa atau esprit de corps,” kata Rm Yos Bintoro lulusan Sekolah Prajurit Perwira Karir tahun 1997 yang kini menyandang pangkat Kolonel Angkatan Udara.

Sesudah misa diadakan acara ramah-tamah dan sambung rasa umat TNI Polri dengan Kardinal Suharyo serta para pendamping/rombongan Uskup Kardinal terdiri dari, Brigjen (Purn) Pontianus Gunung Sarasmoro (TNI AD), Kombes Pol FX Surya Kumara (Polri), Letkol Laut (S) Yules Verne (TNI AL) dan Kapten Caj Robertus Ardedi (TNI AD). (*/amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed