by

Porprov XIII Kalbar Ditutup, Pontianak Juara Umum Disusul Landak Peringkat Ke-2

PONTIANAK, Media Kalbar

Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji S.H., M.Hum., menutup Pekan Olah Raga Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Kalimantan Barat XIII Tahun 2022, Di Gor Pangsuma Pontianak, Sabtu (26/11/2022).

Porprov Kalimantan Barat XIII Tahun 2022 ini yang mempertandingkan sebanyak 48 cabang olahraga yang diikuti oleh 14 kabupaten/kota yang ada di Kalbar. Hingga hari terakhir pelaksanaan Porprov tersebut, Kota Pontianak keluar sebagai juara umum Porprov ke XIII Tahun 2022.

“Saya mengucapkan selamat kepada Kota Pontianak sebagai juara umum dan selamat juga kepada kabupaten/kota yang lainnya yang sudah mengukir prestasi yang bagus dan perlu untuk terus dievaluasi agar kedepannya lebih baik lagi. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada KONI dan stakeholder lainnya yang telah menggelar kegiatan ini berjalan baik dan tertib,” ungkap Sutarmidji.

Prestasi para atlet tentu tidak terlepas dari kinerja para pelatih yang selalu mendampingi dengan setia sehingga dapat menghasilkan yang terbaik. Dirinya juga menyampaikan bahwa setiap proses pembibitan, pelatihan dan pembinaan harus benar-benar didampingi dengan baik sehingga dapat kita ketahui progress dan perkembangan para atlet.

“Kepada setiap kabupaten/kota agar memberikan perhatian pada perkembangan olahraga dan atlet yang ada di daerah. Kemudian salah satu hal penting juga adalah menerapkan sport science sehingga pertumbuhan atlet dapat terpantau dan terukur,” jelasnya.

Dari hasil perolehan medali menunjukkan Kota Pontianak memperoleh sebanyak 156 mendali emas, 148 perak dan 103 perunggu, sehingga menjadi juara umum dan diikuti Kabupaten Landak memperoleh emas sebanyak 74 emas. Di posisi ketiga dengan perolehan medali sebanyak 54 emas yaitu Kabupaten Mempawah.

Sementara Kabupaten Kapuas Hulu yang mendapat penghargaan dari gubernur sebagai kontingen paling disiplin berada diperingkar 7 dengan 34 emas, 21 perak dan 58 perunggu. Urutan terbawah Kabupaten Sekadau dengan 9 Mendali emas; 31 perak dan 43 perunggu.

Dalam penutupan Porprov Kalbar ke XIII Tahun 2022, turut dihadiri Kapolda Kalbar Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M.., Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han)., CIQnR., CIQaR., Ketua KONI Provinsi Kalbar Fachrudin D. Siregar, dan Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi, S.E., M.M., serta perwakilan peserta Kabupaten/kota di Provinsi Kalbar.

Dalam kesempatan itu juga Gubernur menyerahkan mendali emas kepada Juara Sepak Bola Porprov XIII yaitu Tim Sepak Bola Gabsis Sambas yang mampu mengalahkan tim Kota Pontianak memperoleh perak.

Gubernur juga akan membangun gelanggang olah raga yang lebih besar  lagi yang multi fungsi. “Kita akan bangun fasilitas olah raga kedepan, karena jangan kita nuntut prestasi sementara sarana olah raganya minim.” Ungkap Midji.

Rencana pembangunan gelanggang olah raga tersebut dibangun disekitar lingkungan sekarang dan master plannya sudah ada. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed