by

Rakor K3S Korwil Pendidikan Kecamatan Sungai Kakap Bahas Evaluasi dan Kelulusan

Kubu Raya, Media Kalbar

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Sungai Kakap menggelar Rapat Koordinasi Kepala Sekolah (K3S) di Gedung Balai Pertemuan Korwil Pendidikan, Jalan Raya Sungai Kakap desa Pal 9.pada hari Rabu, 28 Mei 2024.

Acara ini dihadiri oleh Pengawas Sekolah Kabupaten Kubu Raya serta sejumlah Kepala Sekolah dari Kecamatan Sungai Kakap.

Agus Anwari S. Pd. MM, Kepala Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Sungai Kakap, menyampaikan bahwa dalam rapat tersebut, pertama-tama pihaknya menyampaikan ucapan minal adin wapaidin serta memohon maaf lahir dan batin kepada seluruh kepala sekolah di Kecamatan Sungai Kakap.”Katanya.

Selanjutnya kata Agus Anwari S. Pd. MM
, dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang yang berlangsung mulai dari tanggal 29 April 2024 hingga 3 Mei 2024.”Ujarnya.

Agus menyatakan bahwa evaluasi tersebut berjalan lancar tanpa kendala, baik secara fisik maupun teknis, sesuai dengan surat edaran yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya dan mengacu pada kalender pendidikan.”Terangnya.

Rapat juga menginformasikan tentang pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun bagi siswa kelas lima yang akan dilaksanakan dari tanggal 3 hingga 8 Juni 2024. Pengumuman kelulusan, khususnya bagi siswa kelas enam, direncanakan akan dilakukan pada tanggal 10 Juni 2024. Sementara itu, penerbitan ijazah dijadwalkan pada sekitar tanggal 17 Juni 2024 sebelum penerimaan siswa baru di SMP.”Tandasnya..

Agus juga meminta kepada kepala sekolah untuk membuat surat keterangan kelulusan sebagai pengganti ijazah yang belum diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya. Surat keterangan tersebut akan mencakup penilaian nilai dari kelas lima hingga enam, termasuk nilai semester dua.”Harapnya.

Selain itu, jika terdapat ujian praktek, nilai ijazah didapat dari nilai rapor, yakni nilai akademik dan hasil ujian praktek.

Terkait kelulusan, Agus menegaskan bahwa prinsipnya kelulusan ditentukan oleh masing-masing sekolah. Ia juga menyampaikan optimisme bahwa sejauh ini tidak ada siswa yang tidak mengikuti ujian, meskipun data pasti mengenai jumlah peserta ujian masih belum tersedia karena asesmen dilakukan di masing-masing sekolah. Diperkirakan sekitar seribuan siswa di Kecamatan Sungai Kakap mengikuti Asesmen Sumatif Akhir Jenjang.

Rapat K3S ini diharapkan dapat memperlancar persiapan dan pelaksanaan evaluasi akhir tahun serta proses kelulusan siswa di kecamatan tersebut.”Pungkasnya.(Mk/Ismail)