by

Study Pengembangan Infrastruktur IT 15 Desa Dari Kabupaten Kapuas Hulu di Desa Jeruju Besar

Kubu Raya, Media Kalbar

Jum’at, 25 November 2022 bertempat di Kantor Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap,Kepala Desa Jeruju Besar Nurhalijah SE menerima tamu Kunjungan Kerja/Studi tiru tentang Pengembangan Infrastruktur IT Desa dari 15 Desa Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam study ini Baharudin Camat Hulu Gurung membawa 15 Kepala Desa dan tim IT desa yang terdiri dari Kasi Perencanaan, Operator/admin Website,Media Desa serta Pengelola Internet Desa yang ada di Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu Provisi Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan ini Nurhalijah SE.Kepala Desa Jeruju Besar menyampaikan materi tentang profil Desa Jeruji Besar, infrastruktur IT di Desa,Digitalisasi pelayanan publik,database kependudukan,inovasi pendataan dengan QR Code,penerapan tanda tangan elektronik (TTE) serta berbagai macam inovasi reformasi birokrasi pemerintahan Desa yang ada di Desa Jeruju Besar.

Rombongan peserta dari Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu yang berjumlah 15 Kepala Desa Ketiba di Desa Jeruji Besar pada pukul 08.00 WIB setelah diskusi dan mengikuti pemaparan materi kemudian langsung melihat salah satu icon Desa Jeruju Besar yaitu Wisata Gardenia dan tempat pembuatan pakan ikan yang rencana akan dikembangkan sebagai pusat informasi wisata di Desa Jeruji Besar.

Dalam kesempatan ini Kepala Desa Jeruju Besar Nurhalijah,SE berharap bila ada inovasi yang bermanfaat bisa diduplikasi dan diterapkan di Desa Desa lain,karena dengan adanya digitalisasi sistem pemerintahan akan sangat membantu kinerja pamong Pemerintah Desa serta dapat mewujudkan transparansi kegiatan dan keuangan pemerintah Desa kepada masyarakat luas.

Desa digital bukanlah tujuan utama,tapi merupakan tools untuk mempercepat proses kemajuan suatu desa.Semua tidak lepas dari Sumber Daya Manusia serta kesungguhan Kepala Desa beserta pamong dan masyarakatnya untuk berkomitmen memajukan desa bersama-sama.”Katanya.

Nurhalijah,SE Kepala Desa Jeruji Besar usai menerima rombongan kepada awak media mengatakan Kedatangan rombongan tersebut kan mereka juga mengadakan bimbingan teknis nah seperti di judul itukan Bimbingan mereka itu bagi mana belajar tentang kes manajemen sistem kemudian juga tentang tata kelola Pemerintahan Desa dan juga Bundes.”Katanya.

Nah dimana mereka ini dari Kapuas Hulu memang mereka ini memang belum ada Program dan Aplikasi kes manajemen sistim jadi mereka juga belajar di sini sebenarnya seperti apa kes manajemen sistim itu dan apa apa saja kelebihan dari Kes manajemen sistim itu

Dan Alham dulillah dari hasil mereka studi traf tadi itu mereka sepertinya sangat puas sekali kemudian banyak banyak juga pengetahuan pengetahuan yang mereka dapatkan,

Nurhalijah menambahkan kemudahan dari sistim kes manajen kalau sistim manjemen kes manajemen ini kan memang suatu sistim dan prosedur tata kelola keuangan tidak lagi secara tunai tapi dengan non tunai,jadi Pemerintahan Desa baik itu kepala Desa maupun kaur ke uangan tidak lagi mencairkan dana itu secara tunai tapi melalui transfer ke rekening tujuan.melalui Aplikasinya itu kes manajemen sistim atau(CMS),”Terangnya.

Sementara Baharudin Camat Hulu Gurung
Saat di di konfirmasi sejumlah awak media terkait kunjungannya di Desa Jeruji Besar berseta rombongan dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Hulu Gurung dia menjelaskan.kita dari Kabupaten Kapuas Hulu Kecamatan Hulu Gurung
ini beseta kepala Desa sekretaris Desa Prangkat Desa dalam rangka Kunjungan Kerja/Studi tiru tentang Pengembangan Infrastruktur IT yang ada di Desa Jeruji Besar.”Katanya.

Karena Desa Jeruju Besar ini di karenakan sangat cukup maju baik di segi sisi pengelolaan administrasi kemudian Bundesnya Juga,kemudian termasuk pelaksanaan Siskeudes.berbasis online nah ini maukita pelajari dari Desa Jeruju Besar ini Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.”Ucapnya.

Mudah mudahan nanti kita di tahun 2023 kita bisa menerapkan siskudes berbasis Online nah sehingga nanti dalam pelayanan kepada masyarakat kita bisa lebih lancar bisa lebih luas,kemudian dari pada itu Desa Jeruju Besar juga lebih terkenal dengan pengelolaan Bundesnya.

Nah ini yang maukita lihat seperti apa nah sehingganya nanti menjadikan pengalaman kawan kawan untuk mengembangkan potensi potensi yang ada di Desanya masing masing di Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu,”Pungkasnya.(Tim/MK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed