by

APDESI Kabupaten Melawi Gelar Rapat Kerja Pengurus ke-2 Tahun 2024

Melawi, Media Kalbar – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Melawi mengadakan Rapat Kerja Pengurus ke-2 tahun 2024. Acara tersebut dihadiri oleh para kepala desa dan pengurus APDESI se-Kabupaten Melawi, Senin (14/10/24) di Aula Sukiman Center Nanga Pinoh.

Ketua Panitia Rapat Kerja, Palaone Sukha, dalam sambutannya menekankan bahwa fokus pembahasan kali ini adalah kegiatan strategis ke depan agar APDESI Kabupaten Melawi dapat berperan lebih aktif dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “APDESI hadir mulai dari tingkat pusat hingga kecamatan, sehingga keberadaannya, khususnya di Kabupaten Melawi, harus bermanfaat bagi perangkat desa dan masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara itu, Bendahara APDESI Kabupaten Melawi, Syahrani, menyampaikan laporan keuangan organisasi yang bersumber dari iuran anggota. “Laporan ini kami sajikan sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana organisasi. Harapannya, seluruh kepala desa dapat berkontribusi lebih aktif dalam iuran yang telah disepakati bersama demi kemajuan APDESI Kabupaten Melawi,” ungkap Syahrani.

Marsilius Joko Suprianto, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Rapat Kerja APDESI tahun 2024, memberikan apresiasi atas partisipasi kepala desa yang hadir. “Terima kasih atas kehadiran bapak-ibu kepala desa dalam rapat penting ini. APDESI adalah organisasi yang berjenjang dari tingkat nasional hingga daerah. Tahun ini, saya berharap kita dapat membentuk kepengurusan APDESI di tingkat kecamatan,” tegas Joko.

Lebih lanjut, Joko juga mengingatkan pentingnya menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kepolisian, Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, dan media. “Saya mengimbau seluruh anggota APDESI untuk membangun komunikasi yang positif dengan seluruh stakeholder, dan kita juga akan membuat pernyataan mendukung kesuksesan Pilkada mendatang,” tambahnya.

Dalam dialog yang berlangsung selama Rapat Kerja, para kepala desa dan pengurus APDESI Kabupaten Melawi menyepakati beberapa langkah strategis untuk memperkuat organisasi. Salah satunya adalah penjadwalan pelantikan pengurus APDESI di tingkat kabupaten dan kecamatan yang akan dilaksanakan setelah Pilkada 2024. Selain itu, disepakati pula bahwa pembentukan kepengurusan APDESI di kedua tingkatan tersebut harus diselesaikan dalam dua minggu ke depan.

Sebagai bagian dari penguatan internal, biaya pembuatan seragam APDESI bagi anggota akan dibebankan pada kas organisasi. Di samping itu, para peserta juga sepakat untuk membentuk Sekretariat APDESI Kabupaten Melawi, yang nantinya akan berfungsi sebagai pusat koordinasi dan kegiatan organisasi. (Bgs).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed