by

Apel Operasi Zebra Kapuas 2024, Kapolres Ketapang Bacakan Amanat Kapolda Kalbar

Ketapang, Mediakalbarnews.com

Kapolres Ketapang AKBP Setiadi, S.H., S.I.K., M.H., memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kapuas 2024 yang digelar di halaman Mapolres Ketapang Jalan Brigjen Katamso Nomor 01 Ketapang, Senin (14/10/2024) Pukul 08.00 Wib. Dalam apel tersebut, Kapolres membacakan amanat dari Kapolda Kalimantan Barat terkait pelaksanaan Operasi Zebra Kapuas 2024, yang akan berlangsung selama 14 hari dari tanggal 14 oktober sampai 27 oktober 2024, di seluruh wilayah Kalimantan Barat, termasuk Kabupaten Ketapang.

Dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres, Kapolda Kalbar menyampaikan bahwa Operasi Zebra Kapuas 2024 mengangkat tema “ Melalui Operasi Zebra 2024, Dalam Rangka Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Untuk Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas Yang Aman dan Nyaman ”. Operasi Zebra ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta meminimalisir angka fatalitas kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Kapolda Kalbar dalam amanatnya menegaskan penekanan kepada seluruh personel untuk meningkatkan pengawasan dan menerapkan hukum secara humanis, menggunakan teknologi dalam pelaksanaan operasi secara optimal, mengidentifikasi titik titik blankspot di jalan raya yang berpotensi mengganggu keselamatan berlalu lintas dan menjadi pelopor dalam berlalu lintas. Pentingnya pendekatan persuasif dan humanis dalam pelaksanaan operasi juga menjadi perhatian, namun tetap tegas terhadap pelanggaran yang membahayakan keselamatan. ” Penegakan hukum akan difokuskan pada pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, dan pengemudi yang mengonsumsi alkohol atau di bawah umur. Tindakan ini untuk memastikan keamanan seluruh pengguna jalan,” ungkap Kapolres saat membacakan amanat tersebut.

Kapolres juga menyampaikan bahwa personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Kapuas 2024 diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh tanggung jawab, serta menjaga citra positif Polri di mata masyarakat. ” Integritas dan dedikasi tinggi sangat dibutuhkan dalam operasi ini. Kami juga berharap agar masyarakat dapat turut berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan raya,” lanjutnya.

Apel tersebut diikuti oleh personel gabungan dari Satuan Lalu Lintas, Satuan Sabhara, dari Dinas Perhubungan, Kodim 1203 Ketapang, Lanal Ketapang, Subden Brimob Ketapang dan personel terkait lainnya, Operasi Zebra Kapuas 2024 diharapkan dapat menciptakan suasana lalu lintas yang lebih aman dan tertib, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Selain itu, Kapolres Ketapang juga mengingatkan pentingnya sinergi antara Polri, TNI, serta instansi terkait lainnya dalam mendukung kelancaran dan keberhasilan operasi ini, guna menciptakan kondisi yang kondusif di jalan raya jelang akhir tahun.*##(Rusli)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed