by

Asah Kemampuan Dasar Militer . Kodim 1206/Putussibau Gelar Latihan Menembak

Kapuas Hulu, Media Kalbar

Untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, Kodim 1206/Psb menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri).

Kegiatan ini dipimpin oleh Komandan Unit Kodim 1206/Psb, Lettu Inf Sugianto, di Lapangan Tembak Batalyon Raider 644/Walet Sakti, Jl. Lintas Utara, Desa Sibau Hilir, Kecamatan Putussibau Utara. Selasa (25/06/2024).

Lettu Inf Sugianto mengatakan, walaupun Kodim merupakan satuan teritorial, akan tetapi latihan menembak ini dilaksanakan untuk memelihara, mengasah, dan meningkatkan kemampuan dasar militer prajurit.

“Latihan ini merupakan program kerja yang dilaksanakan rutin setiap triwulan. Dalam pelaksanaan Latbakjatri ini, para prajurit menggunakan senapan laras panjang jenis SS-1, dan Pistol Combat G2 dengan jarak sasaran tembak sejauh 100 dan 25 meter,” ujarnya.

Lebih lanjut, pentingnya latihan yang terprogram dan rutin, meskipun Kodim merupakan satuan teritorial yang lebih mengutamakan soft power dalam bertugas.

“Kemampuan dasar seorang prajurit tidak dapat ditinggalkan begitu saja. Harus terus diasah dan dipertajam untuk menghadapi tantangan tugas ke depan,” Ungkapnya.

Setiap pelaksanaan latihan kita mempunyai target untuk mengetahui perkembangan peningkatan kemampuan prajurit. Namun demikian, faktor keamanan tetap diutamakan. Seluruh pendukung dan peserta harus betul-betul menerapkan prosedur menembak. Kita sama-sama bertanggung jawab atas tertibnya pelaksanaan latihan menembak sehingga kegiatan dapat berjalan aman dan lancar, ungkap Lettu Inf Sugianto ( ( Icg )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed