by

BNPB Serahkan Bantuan Untuk Banjir Kabupaten Sanggau, Ingatkan Komitmen Pemda Untuk Pemeliharaan

Pontianak, Media Kalbar

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan untuk penanganan tanggap darurat bencana Banjir Kabupaten Sanggau yang terjadi di Sosok.

Penyerahan diserahkan langsung oleh Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB, Nadhira Seha Nur kepada Pemprov Kalbar di Kantor BPBD Provinsi Kalbar, Rabu (23/10).

Bantuan tersebut merupakan dukungan Logistik dan Peralatan yaitu Paket Sembako 300 paket, makanan siap saji 300 paket, Hygiene kita 300 paket, selimut 300 lembar, kasur lipat 300 lembar, Vel bed 100 unit, life jaket 20 pcs, perahu karet + mesin 1 unit, Perahu fiber + mesin 1 unit, tenda pengungsi 2 set, tenda keluarga 50 set. Disamping itu untuk operasional Rp200 juta.

Nadhira Seha menyampaikan bahwa BNPB memonitor kondisi daerah, “Namun yang terpenting itu daerah selalu melaporkan kejadian bencana ke BNPB melalui Pusdalap, dari itu kita membentuk tim terjun ke lapangan dengan bantuan, baik dalam bentuk dana maupunĀ  Logistik dan Peralatan. ” Kata nya usai Penyerahan bantuan.

Sementara untuk penanganan pasca Banjir, pihaknya melihat dulu kondisi yang ada , kalau masih belum surut ada perlakuan khusus, namun ketika sudah surut, mungkin yang perlu perhatian pengungsi jika ada, kalau warga banyak mengungsi di tempat keluarga atau warga tentu perlu intervensi Logistik dan Peralatannya.

Dalam kesempatan itu dia juga mengingatkan komitmen daerah untuk alokasikan anggaran pemeliharaan dan operasional kendaraan atau Peralatan yang sudah diberikan oleh BNPB, agar tetap bisa berfungsi saat diperlukan jika terjadi bencana.

Sebagaimana diketahui bahwa banjir di Kabupaten Sanggau khususnya di Sosok sudah terjadi sejak tanggal 16 Oktober 2024 hingga saat ini. (Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed