by

Cagub Kalbar H. Ria Norsan Disambut 5000 Ibu Pengajian di Keraton Pakunegara Tayan

Sanggau, Media Kalbar

Calon Gubernur Kalbar,  H. Ria Norsan didampingi sang istri, Erlina membaur dengan lima ribuan ibu-ibu pengajian di Keraton Pakunegara Tayan, Kabupaten Sanggau, Senin (16/9/2024). Norsan menghadiri agenda Tabligh Akbar Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) se-Kabupaten Sanggau bersama Ustadzah Lulu Susanti.

Kedatangan Calon Gubernur Kalbar sebagai tamu kehormatan itu, disambut langsung oleh Raja Pakunegara Tayan, Panembahan Anom Pakunegara XIV, Paduka Yang Mulia Gusti Yusri.

Sejumlah tokoh agama dan masyarakat Sanggau, diantaranya Haji Munawar dan John Hendru juga terlihat hadir mendampingi Ria Norsan dan istri saat diterima di Keraton Tayan.

Istri Ria Norsan, Erlina yang juga menjabat sebagai Penasehat BKMT Kalbar, berbincang ringan dengan Ustazah Lulu Susanti. Mereka membahas soal perkembangan majelis taklim terutama di Kalbar.

Rombongan kemudian menuju titik lokasi tabligh akbar di selasar Keraton Tayan yang berseberangan langsung dengan sungai Kapuas.

Tarian khas Melayu diiringi lantunan rebana dan salawat menyambut Ria Norsan. Raja Tayan juga menyematkan selempang kebesaran dari Keraton Tayan untuk Ria Norsan.

Ria Norsan didaulat oleh Raja Tayan, untuk memberikan sambutan dalam agenda yang juga bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Membuka sambutannya, Ria Norsan melempar pantun yang disambut riuh ibu-ibu pengajian.

“Bukan batang sembarang batang, batang ditanam pokok jerami. Saya datang bukan sembarang datang, saya datang untuk bersilaturahmi,” ujar Norsan.

Kehadiran Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023 ini, untuk membangun silaturahmi dan keakraban dengan keluarga besar Keraton Tayan, jajaran BKMT dan warga.

Dalam kesempatan tersebut, Ria Norsan mengajak untuk meneladani kehidupan Rasulullah Muhammad SAW.

“Di momen maulid nabi, bahwa rasul harus jadi contoh suri tauladan. Uswatun hasanah,” ujarnya.

Norsan mengatakan, Rasulullah merupakan contoh yang harus menjadi teladan di segala bidang. Termasuk dalam kepemimpinan yang merangkul seluruh keyakinan.

“Yang mulia Rasul menjadi teladan saya dalam memimpin. Beliau tak pernah membedakan ras, suku dan agama. Tidak membedakan SARA,” ujarnya.

Cagub Kalbar yang berpasangan dengan Cawagub Krisantus itu, juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu. Hal ini penting untuk membangun daerah.

“Mari kita bersatu padu membangun Sanggau yang kita cintai. Dengan BKMT nuansa keislaman akan menjaga kerukunan,” ujarnya.

Mantan Bupati Mempawah itu, juga membuka diri untuk mendorong bantuan dan perhatian bagi keberlangsungan organisasi BKMT.

“Inyasaallah jika Allah memberikan amanah saya akan perhatikan BKMT. Misalnya hal kecil ini. Tak ada bus, nanti saya upayakan agar memudahkan kita untuk pergi-pergi seperti ini. Mudah-mudahan diijabah,” tandasnya.

Norsan juga memberikan hadiah kepada warga yang hadir. Dia melemparkan kuis berupa pertanyaan terkait tanggal dan momentum kelahiran Nabi Muhammad.

“Benar Tahun Gajah, 12 Rabiul Awal tahun 571. Ini 500 ribu rupiah untuk hadiah dua orang,” tandasnya.

Dalam kontestasi Pilkada Kalbar atau Pilgub Kalbar 2024 ini H. Ria Norsan bersama Krisantus Kurniawan dikenal dengan Pasangan NKRI yang diusung PDI Perjuangan, Hanura dan PPP. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed