by

Cagub Kalbar Ria Norsan Siap Dorong Percepatan Pembangunan PLTA Desa Semangut

Kapuas Hulu, Media Kalbar

Warga Desa Semangut, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, berharap Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan mampu mendorong realisasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di daerah tersebut.

Hal ini, disampaikan warga saat bertemu Ria Norsan dalam agenda kampanye dialogis yang digelar di gedung serba guna, Sabtu (26/10/2024) malam.

“Waktu peresmian kantor desa, pernah disampaikan pembangunan PLTA skala besar itu,” kata salah seorang warga Endaniar.

Dia mengatakan, rencana itu muncul dan kemudian menjadi harapan baru bagi masyarakat di daerah tersebut. Pasalnya, suplai aliran listrik di wilayah itu belum sepenuhnya menjangkau ke pemukiman warga.

“Lampu kami sering mati. Kalau bisa ini masuk agenda. Proyek besar ranah gubernur. Saya yakin kalau bapak jadi, kami bisa berharap itu agar didorong karena ini menjadi potensi desa kami,” katanya.

Sementara itu, Cagub Kalbar nomor urut 2, Ria Norsan akan menampung aspirasi
masyarakat ini untuk difasilitasi. Sehingga kebutuhan dasar listrik bisa menjangkau masyarakat yang berada di pedalaman terutama di Kapuas Hulu.

“Jika saya terpilih selaku gubernur, bisa kami dorong bersama bupati nanti. Dan kita akan coba fasilitasinya,” ujar Norsan.

Norsan menegaskan, pengerjaan proyek ini dilakukan oleh pemerintah pusat. Selaku kepala daerah jika terpilih nanti, maka dia bersama Krisantus akan mengeluarkan rekomendasi dan regulasi guna mempercepat proyek ini.

“Ini hubungannya dengan pusat. Tap kami mendorong lewat regulasi dan rekomendasi. Saya akan lakukan. Nti saya dorong di pusat. Supaya bapak ndak kecewa. PLTA ini luar biasa,” sebutnya.

Sebelumnya pada 2023 lalu, Pemkab Kapuas Hulu, telah mengikuti Konsultasi Publik Rencana Usaha Kegiatan Proyek PLTA Sungai Tebaung di Desa Nanga Semangut, Kecamatan Bunut Hulu.

PLTA Sungai Tebaung ini, dinanti masyarakat karena dapat mengaliri listrik di seluruh desa yang ada di Kapuas Hulu bahkan di Kabupaten Sintang. (*/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed