by

Calon Taruna-Taruni Poltekpin Kemenkumham Jalani Tes Psikologi

Tangerang, Media Kalbar

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Karo SDM Kemenkumham) Supartono, dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Hukerma) Hantor Situmorang, memeriksa dan memantau pelaksanaan uji Psikotes bagi calon taruna-taruni (catar) Politeknik Pengayoman Indonesia (POLTEKPIN). Total sebanyak 2.415 catar mengikuti seleksi psikotes di Auditorium Poltekpin Kampus Tangerang.

Karo SDM berpesan kepada seluruh peserta, agar mempersiapkan diri dengan matang sehingga dapat mengikuti uji tes ini dengan baik.

“Terus semangat, langkah demi langkah sudah kalian jalani dengan baik sehingga bisa sampai pada tahap ini, jangan lupa untuk selalu mempersiapkan diri kalian agar mendapatkan hasil yang maksimal.” Kata Supartono di Gedung Auditorium Kampus Poltekpin di Tangerang, Kamis (5/9/2024).

Lebih lanjut Supartono mengimbau kepada seluruh peserta tes agar percaya pada kemampuan dan usaha diri masing-masing hingga di akhir seleksi nanti.

“Apapun hasilnya, lulus tidaknya peserta di akhir seleksi nanti, merupakan hasil jerih payah peserta sekalian, jalani seluruh tahap seleksi dengan semangat, jujur dan pantang menyerah,” kata Supartono.

Supartono berharap, kegiatan psikotes ini berjalan dengan baik, lancar hingga sampai kegiatan ini berakhir.

Sementara itu, Kepala Bagian Perencanaan Sumber Daya Manusia (Kabag PSDM) Biro SDM Kemenkumham, Tri Darma Manulang mengatakan, Psikotes merupakan tahapan ke lima dari serangkaian tes yang dilakukan pada penerimaan catar Poltekpin.

“Saudara saudara hadir disini untuk berjuang, berkompetisi, mendapatkan kesempatan menjadi taruna-taruni Poltekpin. Gapai cita-citamu setinnggi langit, buktikan kepada orang tuamu, buat mereka bangga dan tunjukkan bahwa kalian bisa, “ ucap Tri Darma.

Tes Psikologi dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai dengan 10 September 2024. Untuk hari pertama diikuti 400 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok, dan masing-masing kelompok terdiri dari 200 orang peserta. Pada tahapan uji psikotes ini peserta melakukan serangkaian tes, di antaranya wawancara psikotes dan psikotes dengan metode Computer Assisted test (CAT).

Tahap ini merupakan bagian dari rangkaian tes yang harus dilalui peserta setelah lulus pada uji Samapta yang telah dilakukan di Mako Brimob sebelumnya. Adapun tahapan seleksi lanjutan setelah tes psikologi adalah tes wawancara dan keterampilan.

Untuk pengumuman kelulusan akhir catar Poltekpin dijadwalkan pada bulan September 2024. Segala perkembangan informasi dapat dipantau melalui laman resmi https://catar.kemenkumham.go.id dan akun media sosial Instagram @catar.kumham dan akun X / Twitter @catarkumham.

(*/mk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed