by

Dandim 1206/Psb Hadir Dalam Sidang (GTRA) Pelaksanaan Redistribusi Tanah Kabupaten Kapuas Hulu TA. 2024 Tahap 1

Putussibau, Media Kalbar

Komandan Kodim (Dandim) 1206/Putussibau Letkol Inf Nasli S.Sos., hadir dalam Sidang Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) dalam rangka kegiatan Redistribusi Tanah dan Rapat Koordinasi Awal GTRA Tahun 2024 tahap 1, Yang bertempat di Jl. Danau Luar, Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, hari Senin (24/06/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang rapat Bupati Kapuas Hulu tersebut turut dihadiri Kepala Sekda KH Drs. H. Mohd Zaini, M.M., Kepala Kantor Pertanahan KH Dicky Zulkarnaen S.T., M.Eng., Dandim 1206/Psb Letkol Inf Nasli S.Sos, Wakapolres KH Kompol Dahomi Baleo Siregar S.H., unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kapuas Hulu, Pejabat Tinggi Pratama dan Administrator lingkup Pemkab Kapuas Hulu.

Sehubungan dengan pensertifikatan tanah masyarakat melalui kegiatan redistribusi tanah yang bersumber dari pelepasan kawasan hutan di Kabupayen Kapuas Hulu dengan alokasi target sebanyak 2.500 bidang, Untuk tahap 1 telah selesai dilaksanakan baik inventarisasi, identifikasi serta pengukuran bidangnya di 8 Desa sejumlah 1.468 bidang L, sehingga dalam rangka penetapan objek dan subjek redistribusi tanah pada 8 Desa tersebut.

Dalam sambutannya, Sekda Kapuas Hulu Drs. H. Mohd Zaini, M.M., menjelaskan “Bahwa hal ini bertujuan untuk memberikan dasar kepemilikan tanah sekaligus memberi kepastian hukum atas tanah kepada subjek yang memenuhi persyaratan, Kebijakan reforma agraria merupakan upaya untuk menata kembali hubungan antara masyarakat dengan tanah, yaitu menata kembali penguasaan, kepemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan permukaan bumi yang berkeadilan,” ujarnya.

Kakantah juga menambahkan “Bahwa penataan aset yang dimaksud dalam tema tersebut nantinya akan diberikan hak untuk menjamin kepastian hukum berupa sertifikat melalui kegiatan redistribusi, Selanjutnya penataan akses adalah pemberdayaan akses permodalan melalui sertifikat yang sudah diterima oleh masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat”, pungkas Dicky Zulkarnaen S.T., M.Eng.

Saat ditemui Dandim 1206/Putussibau menuturkan “Dalam momentum ini untuk membangun semangat bersinergi, berkolaborasi, dan berkomitmen untuk menyukseskan penyelenggaraan reforma agraria secara adil dan berkelanjutan bagi masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu”, tutur Letkol Inf Nasli S.Sos. ( Icg )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed