by

Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat Perbatasan, Norsan Target Pertumbuhan Nilai Ekspor di PLBN Aruk

Sambas, Media Kalbar

Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan menargetkan program peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.

Hal tersebut, disampaikan Cagub yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Krisantus Kurniawan itu, usai meninjau PLBN Aruk, Senin (7/10/2024).

Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023 itu menyatakan, pertumbuhan ekonomi di kawasan perbatasan wajib terus didorong guna mencapai target kesejahteraan masyarakat di beranda negara tersebut.

Satu di antara caranya adalah, dengan mendongkrak nilai ekspor melalui PLBN Aruk yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Norsan bersama Krisantus, telah mengatur skema tertentu untuk mencapai hal ini.

“Kita sokong dulu masyarakat untuk pemenuhan produk ekspor unggulannya. Misalnya saat ini yang jadi primadona adalah produk pertanian dan perikanan,” kata Norsan.

Pemenuhan produksi pertanian dan perikanan itu, bakal didukung melalui penyiapan sarana dan prasarana serta infrastruktur penunjang.

Hal ini, sejalan dengan program Norsan-Krisantus yang akan menyediakan pupuk subsidi dan bibit unggul untuk petani serta BBM solar untuk nelayan yang dipastikan tidak sulit didapatkan.

“Potensi besar bernilai ekonomis ini, harus dimanfaatkan. Kami berkomitmen meningkatkan ekspor,” ujarnya.

Peningkatan ekspor yang memacu laju pertumbuhan kawasan perbatasan itu, nantinya juga akan berdampak pada sektor perekonomian lainnya, seperti peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Nah, bagi pelaku UMKM untuk menopang kegiatan usaha mereka, kami telah memprogramkan pemberian modal usaha tanpa bunga dan agunan. Ini nanti akan berkolaborasi pula dengan program Cabup Satono untuk membina UMKM di desa,” papar Norsan.

Tak hanya itu, Norsan bersama Krisantus juga akan mengoptimalisasi sektor perdagangan bebas. Menjajaki kerja sama dengan berbagai mitra di negara tetangga Malaysia.

“Perdagangan bebas ini sudah kita rasakan manfaatnya. Untuk itu kita juga akan meningkatkannya pula,” ujarnya.

Di sisi lain, Norsan berkomitmen kuat untuk menjalin kerjasama bilateral antara Kalbar dan Serawak Malaysia. Sebab, banyak peluang yang bisa dimaksimalkan untuk memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

“Sehingga hubungan bilateral antara kedua negara semakin lebih baik. Semakin lebih erat. Saya sebagai Wagub Kalbar kemarin intens membangun komunikasi dengan pihak Serawak,” pungkasnya. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed