by

HMI Sambas Harap DPRD Berinovasi Memajukan Kabupaten Sambas

Sambas, Media Kalbar – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sambas Rizal ingatkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Sambas beserta Wakil Ketua 1, 2 dan 3 menjaga amanah rakyat dan bertanggung jawab dalam membangun Kabupaten Sambas lima tahun kedepan.

“Tentunya saya mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya ketua DPRD Sambas dan Wakil ketua 1, 2 dan 3, periode 2024-2029,” ucapnya.

“Namun perlu diingat bahwa, saat ini Kabupaten Sambas dalam masa yang sangat tegang dengan anggaran yang masih tidak tercukupi untuk membangun Kabupaten Sambas, apalagi PAD Sambas tidak bisa menutupi hutang yang masih menunggak, ini perlu sebuah inovasi dari legislatif dan eksekutif dalam memajukan Kabupaten Sambas,” tambahnya.

Kata dia, Sambas masih belum memiliki arah yang jelas dan fokus untuk pembangunan disektor yang diutamakan saat ini dan masa depan.

“Sampai saat ini Sambas belum memiliki fokus untuk pembangunan yang jelas, sedangkan sektor di Kabupaten Sambas begitu banyak, baik dari sektor pertanian, perikanan, pariwisata dan lainnya. Akan tetapi Pemerintah Daerah dan DPRD masih belum memiliki keunggulan agar Sambas dikenal melalui salah satu sektor yang fokus untuk dikerjakan,” ungkapnya

“Sambas dengan jumlah penduduk yang terbesar setelah kota Pontianak dan tersebar di pesisir hingga pedalaman, tentunya pekerjaan masih banyak yang perlu di benahi untuk lima tahun kedepan. Sampai saat ini Sambas belum bisa menciptakan lapangan perkejaan maupun pelatih-pelatih untuk meningkatkan keterampilan bagi masyarakat,” sambungnya.

Lanjut Rizal mengingatkan bahwa, kasus water front didepan istana Awlazikhoebillah perlu di tuntaskan dan penekanan yang masif sehingga dapat diselesaikan.

“Kasus water front sampai saat ini masih belum memiliki kejelasan yang kuat, meskipun kasusnya sedang berjalan dan sudah beberapa ditetapkan sebagai tetangga, namun untuk proses pembangunan masih belum memiliki keterangan yang jelas,”

“Maka perlu diingat bagi DPRD dan Pemda Sambas untuk kembali menekan Provinsi Kalbar terutama menyelesaikan hal tersebut, apalagi sudah dibentuk tim oleh DPRD Sambas untuk melakukan penyelesaian kasus yang merugikan terhadap masyarakat Sambas,” tambahnya.

Lebih lanjut Rizal menyampaikan, anggota DPRD Kabupaten Sambas yang berusia saja dilantik harus menepati janji kepada masyarakat yang telah terucap pada pelaksanaan kampanye.

“Janji-janji yang telah diucapkan pada masa kampanye terhadap masyarakat harus ditepati, jangan sampai hanya menjadi kebohongan demi mendapatkan suara rakyat,” tuturnya.

“Teruntuk anggota DPRD Kabupaten Sambas yang baru, khususnya lebih mudah harus menjalankan sesuai dengan kepentingan masyarakat, jangan berlindung kepada orang tua yang juga sebagai anggota DPRD,” tegasnya.

Sisi lain Rizal menyampaikan, pilkada 2024 anggota DPRD harus bisa memposisikan diri dalam mendukung sala satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas.

“DPRD harus mentaati aturan yang telah disampaikan oleh Bawaslu Sambas pada rapat kemarin, dalam berkampanye harus menyertakan surat izin terhadap ketua DPRD, meskipun bagi ketua DPRD tersendiri untuk izinnya masih dirapatkan kembali,” ucapnya.

“Saya sangat setuju dengan keputusan yang telah disampaikan Bawaslu kemarin, artinya ada penegasan dan pengawasan yang ketat bagi anggota DPRD untuk ikut berkampanye, jangan sampai anggota DPRD menggunakan fasilitas negara dalam pelaksanaan kampanye,” tegasnya.

Selanjutnya, pada masa pilkada merupakan pesta demokrasi yang dilaksanakan dalam ruang lingkup pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk sama-sama menjaga kondusifitas dan kesuksesan pelaksanaan.

“Pada masa ini tentunya kita berharap masyarakat kabupaten Sambas tidak terprovokasi oleh isu-isu kejahatan sosial media, hal ini untuk menjaga dan mensukseskan pesta demokrasi,” ucapnya.

“Terlebih bagi kaum muda di Kabupaten Sambas yang memiliki intelektual tinggi dan mampu menafsirkan isu-isu yang beredar dan di kalangan mahasiswa, memiliki pilihan hal yang berbeda itu namun tetap menjaga kesatuan dan kesatuan bangsa,” tambahnya.

Terakhir Rizal berharap, seluruh anggota DPRD Kabupaten Sambas tetap menjaga amanah yang telah diberikan oleh rakyat dalam membangun Kabupaten Sambas.

“Tentunya kita berharap seluruh anggota DPRD Kabupaten Sambas menjalankan tugas dan tanggungjawab yang telah diberikan oleh rakyat dalam memajukan dan membangun Kabupaten Sambas untuk masa depan yang lebih baik,” harapnya. (Ray).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed