by

Jaksa Masuk Sekolah Kembali Dilaksanakan, Kali ini Di MTsN 1 Pontianak

Pontianak,  Media Kalbar

Kejati Kalbar melalui Kasi Penkum pada hari Senin tanggal 14 Oktober 2024, telah melaksanakan Jaksa Masuk Sekolah di Mts Negeri 1 Pontianak.

Jaksa Masuk Sekolah dilaksanakan bertepatan dengan Upacara Bendera, dan dalam amanatnya selaku Pembina Upacara, Kasi Penkum Kejati Kalbar menyampaikan bahwa Program Jaksa Masuk Sekolah bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada generasi muda, terutama adik-adik siswa-siswi Mts 1 Pontianak, mengenai hukum, keadilan, dan pentingnya mematuhi aturan yang berlaku di masyarakat.

Hukum adalah fondasi yang menjaga ketertiban dan kedamaian di masyarakat. Sebagai generasi penerus bangsa, memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang taat hukum dan adil seperti Janji Siswa yang adik2 ucapkan, imbuhnya.
Oleh karena itu, penting untuk mengenal dan memahami hukum sejak dini, agar dapat menjadi individu yang sadar hukum dan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang timbul akibat ketidaktahuan atau ketidakpedulian terhadap hukum. Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan edukasi yang bermanfaat agar terhindar dari perilaku yang melanggar hukum dan selalu menjalankan hak serta kewajiban dengan benar untuk dapat menjadi generasi penerus yang cerdas, disiplin dan bertanggungjawab.

Kasi Penkum juga mengajak siswa siswi untuk menegakkan kedisiplinan, kejujuran, dan keadilan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Jadikanlah sekolah ini sebagai tempat untuk belajar tidak hanya ilmu pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai moral dan hukum yang akan menjadi bekal di masa depan. “Kenali Hukum Jauhkan Hukuman”.

Dalam amanat Kasi Penkum mengedukasi untuk menghindari hal-hal negatif seeperti Dampak Kenakalan Remaja, Judi Online, Narkoba dan Kekerasan Seksual dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Agama, dan apabila ada permasalahan agar dikomunikasikan kepada bapak ibu guru disekolah dan kepada orang tua. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed