by

Jelang Pilkada, NPHD Kabupaten Kapuas Hulu Ditandatangani Bupati

Kapuas Hulu, Media Kalbar

Sesuai Amanat UU Nomor 10 Tahun 2016 pasal 166 ayat 1 Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pengamanan Pilkada Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2024, antara Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dengan Kepolisian Resort (Polres) Kapuas Hulu dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1206 Putussibau, di Ruang Rapat Bupati Kapuas Hulu, Rabu (12/6/24).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, menyampaikan, terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan sehingga terlaksananya NPHD pada hari ini, penandatanganan NPHD ini adalah sebagai bentuk komitmen Pemda Kapuas Hulu untuk mendukung terwujudnya pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 agar berjalan lancar sesuai dengan harapan yang telah ditentukan.

“Sesuai dengan amanat pasal 166 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, pemilihan Bupati dan Wali Kota disebutkan bahwa, pendanaan kegiatan pemilihan Kepala Daerah dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” ujar Bupati.

Fransiskus Diaan juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dengan Polres Kapuas Hulu dan Kodim 1206 Putussibau telah menyepakati besaran dana hibah daerah untuk pengamanan penyelenggaraan Pilkada Tahun 2024, Polres Kapuas Hulu mendapat dana hibah Rp5 Miliar dan Kodim 1206 Putussibau mendapat dana hibah Rp1,5 Miliar.

“Berkaitan dengan dana hibah pengamanan penyelenggaraan Pilkada ini, kami sangat berharap kepada seluruh jajaran Polres Kapuas Hulu dan Kodim 1206 Putussibau agar dapat mengunakan anggaran hibah daerah ini secara efektif sesuai dengan ketentuan dan peraturan undang undang yang berlaku,” katanya.

Sementara itu, Dandim 1206/Putussibau, Letkol Inf Nasli, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bupati Kapuas Hulu dan jajarannya yang telah menghibahkan untuk dana anggaran PAM Pilkada Tahun 2024 kepada Kodim 1206 Putussibau, dan tentunya anggaran ini akan kami gunakan semaksimal mungkin untuk kegiatan PAM Pilkada Tahun 2024, dari mulai tahap awal sampai akhir.

“Intinya kita nantinya akan berkolaborasi dengan Polres bagaimana caranya kegiatan Pilkada yang ada di wilayah Kapuas Hulu berjalan dengan aman lancar dan sukses,” ujarnya.

Dan ini, lanjut Letkol Inf Nasli, juga tidak hanya Kodim dan Polres yang bisa mengamankan, untuk itu dari seluruh masyarakat kususnya wilayah Kapuas Hulu juga harus ikut andil ikut sama-sama menjaga keamanan Pilkada Tahun 2024.

“Karena kalau hanya menggandalkan Polres dan Kodim kekuatan kita cuma beberapa orang, dan tentunya juga kita tidak mau ada perkelahian di lapangan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Dandim berharap, kepada masyarakat TNI Polri bisa melaksanakan Pilkada ini tahap pertahap dari awal sampai akhir dan bisa menerima tentunya hasil dengan lapang dada.

“Sehingga kedepan Kapuas Hulu HEBAT yang kita bangakan semakin HEBAT,” tuntasnya ( Icg )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed