by

Kanwil Kemenkumham Kalbar Raih Peringkat Ketiga dalam Penghargaan Laporan Keuangan 2023

Pontianak, Media Kalbar

Kepala Bagian Umum, Ferry Indrawan didampingi Pejabat Manajerial dan Nonmanjerial Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menghadiri Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Periode Triwulan III Tahun 2024 serta Penyerahan Penghargaan atas hasil Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Tahun 2023, bertempat di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat. Hadir juga Pimpinan Satuan Kerja Tingkat Wilayah (UAPPA-W) lingkup Kalbar serta Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalbar. Selasa (15/10).

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat, Kukuh Sumardono Basuki, mengapresiasi dukungan dan kerja sama UAPPA-W dalam penyusunan laporan keuangan yang akuntabel. Ia menekankan pentingnya sinergi antara DJPb dan satuan kerja di wilayah Kalimantan Barat guna memastikan laporan keuangan memenuhi kriteria relevan, andal, dapat dibandingkan, dan mudah dipahami sesuai PP Nomor 71 Tahun 2010.

Kukuh juga menyampaikan bahwa laporan keuangan harus disusun secara berjenjang hingga ke tingkat wilayah berdasarkan PMK Nomor 232/PMK.05/2022. Selain itu, ia menyoroti implementasi Aplikasi SAKTI sejak 2022, yang mempermudah proses perencanaan, penganggaran, hingga pelaporan, serta memastikan validitas data dengan koneksi ke SPAN.

“Dengan Aplikasi MonSAKTI, setiap transaksi dapat dipantau dan anomali segera ditindaklanjuti,” ujarnya. Kanwil DJPb Kalimantan Barat berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kualitas laporan keuangan demi pertanggungjawaban keuangan negara yang lebih baik.

Acara dilanjutkan Penyerahan Penghargaan , Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat berhasil meraih peringkat ketiga dalam Penilaian Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) Tingkat Wilayah kategori UAPPA-W Besar pada lingkup Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023. Kanwil Kemenkumham Kalbar mencatat skor 94,29, berada di bawah Kanwil Kementerian Agama Kalbar dengan skor 97,45 dan Pengadilan Tinggi Pontianak dengan 96,86. Prestasi ini menjadi bukti komitmen Kanwil Kemenkumham Kalbar dalam menjaga akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan di lingkungannya.

Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Triwulan III-2024 di Aula Kanwil DJPb Kalbar, menghadirkan dua narasumber utama. Farah Nur Artanti, Pelaksana Seksi PSAPP, memaparkan penerapan Aplikasi SAKTI dalam mendukung efisiensi perencanaan, penganggaran, dan pelaporan keuangan. Selanjutnya, Lukman Hakim, Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat (PSAPP), membahas Kebijakan Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III-2024, menekankan pentingnya akuntabilitas dan kesesuaian dengan standar yang berlaku. Kegiatan ini dipandu oleh Mohammad Purwanto, Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif, di mana peserta antusias berdiskusi terkait implementasi aplikasi dan kebijakan pelaporan terbaru. (*/Amad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed